Lihat ke Halaman Asli

Air terjun Bantimurung

Diperbarui: 12 Agustus 2015   05:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Air Terjun Bantimurung merupakan obyek wisata alam yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan, berada  di wilayah Sulawesi Selatan. Air terjun memiliki lebar 20 meter dan tinggi 15 meter. Airnya yang jernih dan sejuk sepanjang tahun dan di bawah aliran air terjun ada pemandian dari landasan batu kapur keras yang ditutupi oleh lapisan mineral akibat aliran air selama ratusan tahun. Kedalaman air pemandian tersebut antara pergelangan kaki ke pinggang atau sekitar 1 meter. Terdapat juga air terjun setinggi 10 meter yang merupakan jalan menuju ke gua yang mengelilingi air terjun, yaitu Goa Mimpi dan Goa Batu.

Selain memiliki air terjun yang menakjubkan, kawasan wisata tersebut juga merupakan habitat bagi banyak spesies kupu-kupu langka, sehingga pemerintah Kolonial Belanda pernah menjuluki tempat ini sebagai Kerajaan Kupu Kupu. Bahkan, seorang naturalis Inggris, Alfred Rassel Wallase, pernah bermukim di daerah ini selama satu tahun (1856-1857) untuk meneliti 150 spesies kupu-kupu yang tergolong langka. Hingga kini, pengunjung masih bisa melihat keindahan kupu-kupu berwarna-warni dengan banyak spesies yang terbang ke sana - kemari.

Obyek wisata Air Terjun Bantimurung terletak sekitar 20 kilometer dari Bandara Hasanuddin atau 15 kilometer dari kota Maros, dan 50 kilometer dari kota Makassar. Obyek wisata ini dapat dicapai dengan jalan darat dari Kota Makassar sekitar 1 jam.

 

Air Terjun Bantimurung




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline