Lihat ke Halaman Asli

Mengoptimalkan Potensi Batu Kapur di Rembang

Diperbarui: 4 Desember 2016   03:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://rembangdaily.com/

Kabupaten Rembang merupakan salah satu daerah tertinggal di Jawa Tengah. Meski demikian, Rembang ternyata memiliki potensi batu kapur yang cukup besar. Cadangan batu kapur yang berlimpah ini harus dioptimalkan dalam pemanfaatannya.

Menurut data yang kami peroleh, cadangan tereka atau cadangan yang dihitung berdasarkan penyelidikan umum batu kapur di Rembang adalah sebesar 2.213.500.000 m3. Setelah  penambangan yang dilakukan terhadap bahan galian pada tahun 2000 hingga 2008 yang menghasilkan produksi sebesar 1.803.931,12 m3,  berarti cadangan yang  tersisa hingga hari ini masih tercatat  sebesar 2.211.696.068,88 m3.

Jika cadangan batu kapur tersebut  digunakan untuk bahan pabrik semen dengan kapasitas sekitar 3 juta ton per tahun, maka pabrik semen tersebut membutuhkan kapur sekitar 1090m3/tahun. Dengan hitungan ini, ketersediaan bahan baku semen di Rembang sanggup menopang produksi semen hingga ratusan tahun

Rembang juga memiliki beberapa kemiripan dengan kabupaten sebelah, Tuban. Diantaranya ialah sama-sama memiliki garis pantai, sama-sama menjadikan sektor pertanian sebagai penopang mayoritas penduduk, dan sama-sama memiliki kekayaan tambang dalam bentuk batu kapur yang melimpah.

Akan tetapi, ada juga perbedaan diantara keduanya. Perbedaan dari keduanya adalah Tuban telah mampu mengoptimalkan kekayaannya akan batu kapur sedangkan Rembang belum sampai pada tahapan tersebut.

Pembangunan pabrik Semen Gresik di Tuban pada awal tahun 1990 telah memberikan banyak manfaat yang bisa dinikamati oleh masyarakat Tuban hingga hari ini. Kehadiran pabrik Semen Gresik di Tuban telah memperbaiki perekonomian masyarakat Tuban.

Sebagai salah satu contoh, pajak yang diberikan perusahaan ke pemerintah daerah yang terdiri atas pajak bumi dan bangunan, pajak pemakaian air bawah tanah, pajak galian, pajak penerangan jalan, dan pajak kendaraan bermotor terus meningkat seiring peningkatan produksi dan kenaikan tarif pajak. Hal ini menjadikan pemasukan untuk pemerintah daerah semakin bertambah.

Sebagai daerah yang sama-sama memiliki potensi besar akan batu kapur, Rembang juga memiliki potensi sama seperti Tuban untuk menjadi daerah yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Oleh karena itu, dengan kehadiran pabrik Semen Indonesia di Rembang, potensi batu kapur ini diharapkan mampu berkembang secara baik sehingga bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat setempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline