Lihat ke Halaman Asli

Indira Risqulah

Lulusan 2024 D-IV Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga

Peran Akademik dalam Konsep Pentahelix untuk Pengembangan dan Pengenalan Budaya Berbasis Hotel

Diperbarui: 31 Oktober 2022   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hari Sabtu (29/10/2022), Nears!de series ketiga dimulai pukul 09.00 WIB, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya ciptaan W. R. Supratman dan dilanjutkan oleh menyanyikan lagu Hymne Airlangga. Selanjutnya dibuka dengan ucapan sambutan dari Zhafira Oktavia Putri selaku ketua organisasi Hima D-IV Manajemen Perhotelan kepada para audience secara online melalui via zoom meetings.

Dalam series ketiga dari Nears!de, akan membahas tentang “The Role of Academics in Pentahelix for the Development and Introduction on Culture-based Hotels”, mendatangkan 3 pembicara yaitu :

•Umi Farichah,SE., MM., CHE sebagai Lecturer in Hospitality Management. Faculty of Vocational Studies, Airlangga University

•Endra Yudah Setiawan Dip. Hot sebagai Hotel Practitioner Pastry and Bakery of Hospitality Industry

•Kandappan Balasubramanian,Ph.D., CHIA. sebagai Associate Professor-School of Hospitality, Tourism and Events Taylor’s University

Materi pertama dibawakan oleh Umi Farichah,SE., MM., CHE sebagai Lecturer in Hospitality Management. Faculty of Vocational Studies, Airlangga University yang memberikan materi mengenai “Student’s Role in Pentahelix Strategy”. Dalam pemaparannya, Bu Umi menuturkan, “Pemulihan kekhawatiran atas sktor pariwisata unggulan Indonesia yang mengalami kontraksi signifikan akibat pandemi COVID-19. Munculnya COVID-19 di Indonesia ditetapkan sebagai bencana nasional.”

Oleh karena itu, menurut Umi Farichah,SE., MM., CHE, “Model Pentahelix merupakan model kolaborasi yang cocok karena mencakup sektor lintas yang terdiri dari Akademik, Bisnis, Masyarakat, dan Pemerintah.” tegasnya.

Dalam materi yang disampaikan terdapat Hei & Student & SDGS yang berisikan faktor personal mencakup beberapa variabel yang berkontribusi secara signifikan untuk menunjang performa yang lebih baik. “Motivasi, Disiplin, Keterlibatan karyawan, Kepuasan kerja,Komitmen dalam suatu organisasi di segala situasi merupakan menu variabel konkret yang harus ada dan dimiliki oleh setiap orang,” tutur Umi Farichah selaku dosen pengajar di Universitas Airlangga.

Dewasa ini era globalisasi terus menerus berkembang dengan menciptakan adanya berbagai macam teknologi, salah satunya ialah teknologi dalam memanfaatkan media sebagai ruang untuk memuculkan sebuah iklan untuk membranding sebuah produk atau usaha yang dimiliki oleh seseorang. Hal tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para generasi Gen Z untuk terus bersinergi lebih maju dalam menciptakan sebuah brand, produk, usaha agar dapat dikenal lebih luas dikalangan masyarakat bahkan dunia. “Media paltform dapat dijadikan sarana untuk menciptakan relasi dan jangkauan yang lebih luas misalnya di media sosial yang sering kita ketahui bahkan kita gunakan dalam keseharian kita seperti Facebook,Instagram,Twitter, Whatsapp, Youtube, Tiktok, Yahoo dan lain sebagainya. Media platform juga dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan menjalin relasi publik baik secara internal maupun eksternal dan juga dapat dijadikan sebagai main goals dalam mencapai tujuan yang kita inginkan.” Begitu yang disampaikan oleh Umi Farichah.

Pada materi kedua yang dibawakan oleh Endra Yudah Setiawan Dip. Hot sebagai Hotel Practitioner Pastry and Bakery of Hospitality Industry, Pastry Chef Hotel JW Marriott Surabaya, menampilkan sebuah video spesial tentang tata cara pembuatan klepon dan prol tape. Di dalam video tersebut Chef Endra tidak sendiri, melainkan didampingi oleh lima orang mahasiswa yang tiga diantaranya merupakan mahasiswa asing. Beliau juga menjelaskan mengenai klepon dan prol tape. Sesi terakhir dari materi kedua ini ditutup dengan tanya jawab antara Chef Endra dengan para peserta webinar.

Dan pada materi terakhir yang dibawakan oleh Kandappan Balasubramanian,Ph.D., CHIA. selaku Associate Professor-School of Hospitality, Tourism and Events Taylor’s University, membahas tentang “Mempromosikan budaya berbagai macam negara di dunia hospitality”. Dalam webinar ini beliau menyampaikan terkait kemajuan teknologi dalam mempromisikan pariwisata dan hotel, media platfrom yang digunakan contonya aplikasi “TikTok’’ yang hitz dikalangan remaja hingga dewasa. Itu lah yang digunakan untuk memperkenalkan kepada semua masyarakat, agar mempermudah seluruh masyarakat mencari info penting mengenai pariwisata dan Hotel. Ataupun ide-ide inovasi dan teknologi yang memungkinkan terciptanya ekosistem inovasi global dan regional yang bertujuan untuk mempercepat pemulihan pariwisata, untuk pengembangan inovasi baru atau integrasi digital ataupun dalam suatu produk. Itulah yang disampaikan oleh beliau terkait materi tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline