Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Mengenal Globalisasi

Diperbarui: 26 Oktober 2020   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Milik pribadi

Halo semuanya kali ini saya akan menjelaskan mengenai globalisasi. Kita sering sekali mendengar kata globalisasi tetapi sebenarnya apa sih artinya? Menurut saintif.com globalisasi berasal dari istilah global yang berarti lintas batas dan sasi yang merujuk pada perubahan. Dengan demikian, globalisasi diartikan sebagai fase perubahan yang terjadi pada masyarakat di seluruh dunia. Tetapi menurut KBBI pengertian globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Dalam arti singkat, globalisasi berarti mendunia.

Nah karena sekarang kita sudah tau apa itu globalisasi sekarang saya akan menjelaskan apa yang menjadi pendorong terjadinya globalisasi. Yang ada dari  pertama dari faktor eksternal dan yang kedua ada dari faktor internal. Pertama saya akan menjelaskan yang faktor eksternal yang pertama adalah Kemajuan Dalam Bidang Pengetahuan Dan Teknologi faktor ini sangat besar berpengaruh dan yang mendorong terjadinya globalisasi, karena Teknologi semua hal menjadi semakin di permudah.

Yang kedua adalah Kemajuan Dalam Bidang Transportasi, faktor ini membuat hal semakin mudah karena sekarang kita bisa pergi kemana saja karena adanya transportasi, hal ini juga memudahkan karena tidak butuh waktu yang lama jika inginke suatu tempat.

 Yang ketiga adalah Sistem Perekonomian Negara-Negara Yang Terbuka, adanya kegiatan ekspor dan impor juga mendorong terjadinya globalisasi karena negara semakin maju dengan bantuan negara lain.

Yang keempat adalah Kemudahan Dalam Migrasi, orang dengan mudah keluar masuk negara lain juga bisa mendorong terjadinya globalisasi. Hal ini memudahkan ide -- ide yang bisa memajukan negara karena adanya orang luar.

lalu yang terakhir adalah Kerjasama Atau Hubungan Antar Negara. Adanya kerjasama antara negara sangat memajukan bagi negara -- negara yang terlibat karena bisa membantu satu dengan yang lainnya.

Setelah menjelaskan faktor eksternalnya sekarang saya akan menjelaskan faktor internal yang pertama adalah Ketergantungan sebuah negara terhadap negara lain, seperti yang sudah di jelaskan tadi negara -- negara bisa saling membantu satu dengan yang lainnya

 Yang kedua adalah Kebebasan pers atau media, membuat informasi di dalam bidang teknologi semakin maju jadi semua orang bisa mengetahui berita dengan menggunakan internet.

Yang ketiga adalah Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat, dengan hal itu bisa membuat ide -- ide atau cara -- cara untuk memajukan dunia.

Yang keempat adalah Munculnya berbagai lembaga politik. Dengan adanya lembaga politik negara akan bisa lebih teratur dan negara juga bisa lebih maju karena adanya lembaga politik.

Lalu selanjutnya saya akan menjelaskan perkembangan IPTEK dalam era globalisasi. Yang saya akan jelaskan ada empat yaitu yang pertama teknologi luar angkasa, yang kedua teknologi persenjataan, yang ketiga teknologi komunikasi dan informasi, yang keempat teknologi transportasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline