Lihat ke Halaman Asli

Indi Nailufar

Mahasiswa

iniKareem, Aplikasi Al-Quran Terbaik di Indonesia

Diperbarui: 3 September 2023   08:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Assalamualaikum Waromatullah Wabarokatuh

Halo teman-teman, pernah ga sih berpikir buat mulai rajin baca Al-Quran tiap hari, tapi kenyataannya tidak pernah sama sekali? Terhalang kesibukan seperti kerja, aktivis kampus, organisasi, dan kerjaan lainnya? Atau mungkin salah satu dari kita adalah orang yang kerjanya selalu bepergian jauh? Suka salah hitung jam sholat, yang akhirnya bikin kita jadi telat sholat? 

Nah, Aplikasi iniKareem hadir buat kita semua sebagai jawaban dari keluhan di atas. iniKareem adalah aplikasi serbaguna yang tidak hanya membantu kita membaca Al-Qur'an tetapi juga mengakses jadwal sholat. 

Ada fitur apa saja sih, yang membuat iniKareem menjadi aplikasi Al-Quran terbaik di Indonesia?

1. Tampilan yang ramah pengguna 

iniKareem menyongsong tema yang simpel, elegan, dan soft. Ikon aplikasi ini berbentuk bulan sabit dengan background biru gelap (navy), tampak sederhan tapi justru ini menjadi keunikan sekaligus kelebihannya. Dengan tampilan sederhanya, iniKareem dapat berbaur untuk segala kalangan. Anak kecil, remaja, orang dewasa, bahkan lanjut usia.

2. Fitur latin dan terjemahan

Pada layar utama, iniKareem membedakan tampilan Al-Quran dengan dua jenis, yakni tampilan per-surah dan per-juz. Di tiap surahnya sudah terdapat arti dan bahasa latin untuk membantu teman-teman yang baru belajar membaca Al-Quran, tentu saja ini mempermudah orang tua untuk mengajarkan anaknya membaca Al-Quran melalui gadget, yang mana saat ini sebagian besar anak menggunakan gadget sebagai sarana bermain. fitur latin dan terjemahan ini juga bisa diatur sesuai kebutuhan user. Dengan artian, kita bisa menonaktifkannya jika dirasa tidak perlu.

3. Opsi ukuran ayat dan teks 

Salah satu keunikan aplikasi iniKareem adalah adanya fitur untuk mengatur ukuran ayat dan teks, tampaknya iniKareem berhasil menemukan solusi dari kendala yang kerap terjadi di kalangan lansia. Karena tidak sedikit lansia yang mengeluh kesulitan dalam menggunakan aplikasi di gagdet lantaran tulisannya yang berukuran kecil.

4. Jadwal sholat tepat waktu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline