Lihat ke Halaman Asli

Pose Budha di Vihara Jayanti 

Diperbarui: 6 Februari 2016   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pose Budha di Vihara Jayanti 

Beberapa waktu lalu saat berada di kota Sorong Papua kusempatkan mampir ke vihara yang ada di kota Sorong. Di kota ini terdapat beberapa vihara, karena sebagai kota perdagangan terdapat cukup banyak warga tionghoa tinggal menetap di kota Sorong. Vihara yang cukup populer dan dikenal yaitu vihara Jayanti yang berada di atas bukit kota Sorong.

Di kompleks vihara yang menghadap ke laut perairan sorong ini terdapat patung Budha yang berukuran cukup besar. 

Di berbagai tempat yang pernah ku kunjungi terdapat berbagai pose patung Budha, seperti Budha sedang tersenyum (laughing Budha), meditasi (meditating Budha), reclining Budha, walking Budha dan berbagai macam pose dan ukuran. Bahan material patung budha yang kutemukan umumnya terbuat dari batu, logam dan bahan lainnya.

Patung yang berada di vihara Jayanti kota Sorong ini patung Budha dengan pose blessing Budha. Posisi ini menggambarkan Budha sedang duduk dengan posisi tangan diatas dan tangan lainnya posisi lebih rendah. Konon ini menggambarkan sedang memberikan berkat keberanian dan kasih sayang. Nah kompasianer, jika sedang jalan-jalan melihat / menemukan patung Budha jangan lupa perhatikan posenya. Setiap pose memiliki arti dan makna tersendiri!

Sekilas tulisan ringan. Tak lupa ku ucapkan gong xi fat cai buat rekan kompasianer yang merayakan tahun baru Imlek 2567. Salam Monyet Api. Met long wiken.

Tulisan terdahulu

*foto dok.pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline