Lihat ke Halaman Asli

Menikmati Air Kelapa Muda

Diperbarui: 25 Oktober 2015   10:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menikmati Air Kelapa Muda

 

Di akhir pekan sehabis jogging dan ber-CFD di kota bandung, aku sempatkan keliling-keliling dan mampir membeli kelapa muda di salah satu lapak ditepi jalan raya. Saat menawar harganya kusempatkan mengobrol-ngobrol dengan si penjual kelapa muda. Walaupun pedagang kelapa muda tidak sebanyak di bulan puasa, namun pedagang kelapa muda tetap ada yang mangkal disepanjang jalan By Pass Sukarno-Hatta Bandung. Kelapa muda ini didatangkan dari Sukabumi dan diedarkan kepada pedagang eceran dipinggir jalan untuk diteruskan dijual kepada konsumen. 

Harga sebutir kelapa muda yang ditawarkan di kaki lima tersebut seharga 7.000 rupiah perbutir. Menurut pedagangnya harga tersebut mahal di ongkos angkut, karena kelapa diangkut / dibawa menggunakan truk dari Sukabumi menuju Bandung. Menurut ku sih harga tersebut relatif murah, karena jika kita membeli atau minum segelas jus kelapa muda di mall, cafe atau hotel harganya mencapai Rp. 20.000-25.000.

Air kelapa muda selain untuk pelepas dahaga, masih banyak manfaat lainnya seperti untuk; obat alergi, penurun panas dan memperlancar buang air seni. Air kelapa muda yang rasanya manis ini saripatinya mengandung berbagai zat gizi, vitamin dan mineral.

Saat membeli beberapa butir kelapa, pedagang yang sudah puluhan tahun berdagang kelapa ini, dengan sigap mengupas kulit kelapa muda dengan menggunakan "bedog" yang cukup tajam. Agar mudah membukanya, cara mengupas jangan terbalik, yang diatas lebih lunak dan dipergunakan untuk memasukkan sedotan. Sebagai pedagang sektor informal, ibu paruh baya ini dengan berjualan kelapa muda dapat menghidupi keluarganya untuk kehidupan sehari-hari.

Menikmati air kelapa muda, dijamin tubuh tetap vit karena airnya mengandung isotonik yang dapat mencegah dehidrasi, kulit akan terlihat mulus dan awet muda. Minum air kelapa muda ini, aku menjadi teringat penyanyi top Madonna yang sangat suka minum air kelapa hijau. Madonna bahkan pernah berinvestasi jutaan dollar pada tahun 2010 di sebuah perusahaan yang memproduksi air kelapa demi dapat menikmati air kelapa hijau untuk kesehatan dan kebugarannya. 

Dari berbagai kajian ilmiah air kelapa muda mengandung banyak khasiat! Nah, di negeri kita yang sepanjang pantainya banyak ditumbuhi pohon kelapa, mengapa hal ini tidak dioptimalkan potensinya. Coba deh, nikmati air kelapa muda, harganya murah dan alami tanpa bahan kimia, mengkonsumsi buah ini dijamin menyegarkan tubuh dan menyehatkan! Yuk dicoba!

Sekedar tulisan ringan. Salam wiken!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline