Lihat ke Halaman Asli

Selamat HUT ke-11 Komunitas Tintin Indonesia

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Selamat HUT ke-11 Komunitas Tintin Indonesia

Beberapa menit yang lalu saya mendapat kabar dari seorang sahabat yang menginformasikan Komunitas Tintin Indonesia (KTI) berulang tahun yang ke-11 (lahir di dunia maya 13 Juni 2003). Komunitas ini akan meluangkan waktu kumpul-kumpul hari Jumat pukul 19.00 WIB di Café Suwe Ora Jamu Jl. Petogogan I/28 Blok A Kebayoran Baru. Sahabat saya mungkin tahu saya penggemar komik Tintin jadi diberi info soal ini..

Saya tidak menyangka usia Komunitas Tintin Indonesia sudah cukup lama. Walaupun saya pecinta sejati komik kisah petualangan Tintin karya Herge, namun saya bukan member komunitas ini. Padahal saya ingin sekali bertemu dan bergabung dengan para penggemar Tintin lainnya.

Hampir semua buku tentang Tintin saya miliki, termasuk kliping koran maupun iklan yang diperankan oleh Tintin. Bahkan komik Tintin terbitan INDIRA terbitan pertama ada beberapa bendel di lemari (tapi ini buku warisan… kalau mau ditukar dengan mobil-mobilan juga boleh…he he he).

Komunitas Tintin Indonesia cuma saya ketahui di media cetak maupun internet. Kegiatan yang pernah saya baca mulai dari: tukar menukar koleksi, memproduksi pernak-pernik Tintin yang dijual untuk sesama anggotanya, cosplay, pameran mainan, talkshow di televise, nonton bareng sampai membuat resolusi penyelamatan ex-tower kemayoran.

Dalam kegiatannya, KTI selalu menarik perhatian banyak orang, karena ada yang berperan / berpakaian seperti Kapten Haddock, Tintin berpakaian Kilt dan sebagainya. Bahkan ada juga anggota komunitas yang membuat kaos, jaket, sweater bergambar Tintin dan Snowy. Namun entah benar atau tidak sahabat sayamenginformasikan seringkali pembuatan / pengirimannya sering “mundur-mundur” tidak “ontime”, karena harus sesuai jumlah kuota baru dicetak.

Yang saya ketahui tokoh / pelopor KTI adalah Surjorimba Suroto dan M. Misdianto (salam kenal mas!). Surjorimba merupakan editor “TINTIN The Complete Companion” karya tintinologist Michael Farr. Sedangkan Misdianto pelopor “save ex tower kemajoran”, tulisannya pernah saya baca di kompasiana dan majalah penerbangan.

Penggemar Tintin sebenarnya cukup banyak (sahabat saya ada di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Malang) namun tidak semua masuk dalam suatu komunitas. Melihat di “Penerbangan 714” anggotanya kalau tidak salah “hanya” sekitar 1000-an. Kegiatan KTI umumnya hanya di Jakarta padahal di beberapa daerah juga banyak penggemar Tintin.

Sekali-sekali sebenarnya saya ingin ikut bergabung kumpul teman-teman KTI. Ingin mengetahui perkembangan komunitas ini. Hanya sayang waktunya tidak tepat.

Selamat HUT KE-11 KOMUNITAS TINTIN INDONESIA.SALAM UNTUK PARA TINTINERS. Salam dari Indira, Pecinta Komik Tintin.

Salam Kompasiana !!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline