Lihat ke Halaman Asli

Kisah Blusukan Jokowi ala Wartawan Tintin

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1419667154530405692

Kisah Blusukan Jokowi ala wartawan Tintin

(Koleksi pri)

Salah satu kekuatan dan keberhasilan Jokowi, baik sewaktu kampanye sebagai Capres maupun sesudah menjadi Presiden adalah blusukan. Tak dapat di pungkiri blusukan gaya Jokowi ini menjadi trending topic berbagai media dalam negeri dan mancanegara.

Kisah blusukan Jokowi dituangkan dalam sebuah buku menarik berjudul “Demokreatif Kisah Blusukan Jokowi” oleh Hari Prast, Yoga Adhitrisna dan Satriyo Wibowo terbitan GPU. Hal menarik dari blusukan Jokowi, gambar / ilustrasi maupun karikaturnya ‘diasosiasikan’ oleh pembacanya dengan kisah petualangan Tintin. Tintin merupakan wartawan berjambul kreasi komikus terkenal asal Belgia, Georges Remi alias Herge. Ungkapan blusukan yang populer dan muncul saat itu “Jokowi Tintin”.

Bagi para pembaca komik Tintin, tentu sudah sangat paham kalau tokoh Tintin dalam meliput berita sering berpetualang ke mana-mana, demikian pula Jokowi blusukan ke mana-mana untuk mengetahui dan mencari solusi masalah yang dihadapi oleh rakyatnya. Tintin berpetualangan dari berbagai belahan dunia mulai Uni Sovyet sampai Chicago kota gangster di Amerika, bahkan Tintin juga sempat mampir ke Jakarta melalui “Penerbangan 714”. Demikian pula Jokowi blusukan bukan hanya dari Aceh sampai Papua tetapi juga blusukan di dunia maya.

Ketika Jokowi blusukan di Aceh, ilustrasinya Masjid Raya Baiturrahman yang terkenal dalam menampung dan menyelamatkan warga Aceh dari korban tsunami. Jokowi blusukan di Sumatera Utara, ditampilkan pemandangan Danau Toba dengan ilustrasi Jokowi menaiki mobil jeep yang mirip dengan mobil yang ditumpangi Tintin bersama Kapten Haddock dan Profesor Calculus dalam kisah perjalanan ke bulan.

14196672831977879300

(Koleksi pribadi)

14196675241522509244

(Foto: gulunglenganbajumu.com)

Saat Jokowi blusukan mengusut pembalakan liar di Kalimantan, ilustrasinya mengingatkan kisah Tintin dalam Patung Kuping Belah. Begitu pula Jokowi berada di kawasan pecinan ilustrasinya mirip lotus biru yang ada barongsainya. Kisah Jokowi blusukan di Jawa Timur di ilustrasikan Jokowi menunggang kuda di padang pasir gunung Bromo. Jokowi di Lembang bahkan menggambarkan Jokowi memakai baju astronot. Dan masih banyak kisah blusukan lainnya dengan gambar yang lucu-lucu.

Demikian pula halnya, saat selebrasi perayaan kemenangan Jokowi sebagai Presiden RI ke-7, ilustrasinya mengingatkan keberhasilan Tintin pulang dari Amerika setelah membekuk sindikat gangster. Pesta kemenangan rakyat di halaman istana negara juga mengingatkan Puri Moulinsart yang ‘terbuka’ untuk rakyatnya.

14196678002070220866

(Foto: gulunglenganbajumu.com)

Keberhasilan Tintin di layar lebar juga tidak luput dari pantauan untuk dijadikan ilustrasi. Film Tintin versi layar lebar berjudul “The Adventures of TINTIN The Secret Of The Unicorn” karya sutradara terkenal Steven Spielberg dan Peter Jackson, siluetnya dijadikan ilustrasi yang menarik, bahkan Tintin menaiki motor gede juga diikuti oleh Jokowi dalam blusukannya.

1419667360956595084

(Koleksi pribadi)

14196676431095799984

(Foto: gulunglenganbajumu.com)

Demokreatif kisah blusukan jokowi terkesan ‘meniru’ kisah sukses petualangan Tintin karya Herge. Hal ini sah saja karena di dunia ini tidak ada ide yang orisinil yang diklaim milik seseorang. Terpenting dapat menuangkan kreatifitas dalam bentuk yang berbeda, bukan sekedar ‘menjiplak’ karya orang lain.

Andai masih hidup Herge sebagai pencipta Tintin tentu bangga atas karyanya menjadi ide kreatif bagi seniman lain. Karya Herge abadi sehingga menarik untuk dijadikan tema blusukan Jokowi Presiden RI.

Membaca dan melihat gambar kisah Jokowi blusukan di seantero nusantara akan membuat kita tersenyum. Sukses untuk demokreatif kisah blusukan Jokowi ala Tintin yang telah memberi ‘warna berbeda’ dalam suatu karya seni.

Salam Tintiners. Met wiken.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline