Lihat ke Halaman Asli

Indi Assyifa

Manusia Biasa

Kuningan Saksi Kemerdekaan Indonesia, Wajib ke Tempat Ini Bila Berjiwa Nasionalis

Diperbarui: 11 Agustus 2023   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://djavatoday.com/

Kuningan Jawa Barat sering tertukar dengan wilayah Kuningan yang berada di wilayah jakarta, kedua tempat ini sangat berbeda 180° dikarenakan Kuningan Jakarta dipenuhi dengan gedung-gedung megah bisnis, sedangkan Kuningan Jawa Barat masih terbilang asri dikarenakan letak geografisnya yang terletak di kaki gunung Ciremai dan masih banyak pohon yang menyejukan. 

Kuningan Jawa Barat memiliki ciri khas makanannya adalah Ketupat Tahu Kuningan dan juga Sate Kuningan, selain makanannya wilayah ini menyajikan tempat wisata asri dan juga bersejarah diantaranya sebagai berikut : 

1. Telaga Biru Cicereum

Tempat yang menyajikan pemandangan telaga biru nan jernih, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan disana seperti aktivitas air dan spot foto ayunan ditengah telaga yang sangat ikonik dan memukau di kamera dan banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan ditempat ini baik bersama teman, pasangan atau keluarga. Pemandangan yang disajikan lebih ke suasana alam dan pemandangan banyak ikan hidup alami di telaga.

Wisata ini dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10 000 untuk pintu masuk per orang dan biaya parkir dikanakan biaya Rp 5000 untuk mobil, sedangkan motor dikenakan biaya sebesar Rp 2000. 

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini seperti

1. Menikmati Air sebening kaca

2. Memberi makan ikan

3. Aktivitas Air di sekitar telaga

4. Berbincang dan melepas penat dengan teman, keluarga atau pasangan

5. Mencari spot untuk melengkapi gallery

Untuk lokasi wisata ini terdapat didaerah Jl. Kaduela, Kec. Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

2. Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati adalah tempat diadakannya perundingan antara Republik Indonesia dengan Pemerintah belanda pasca perang kemerdekaan. terletak di desa Linggajati kecamatan Cilimus kabupaten Kuningan. 

Tempat ini menjadi saksi perundingan antara pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda. Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Sjahrir menginap di desa Linggasama, sebuah desa dekat Linggajati. Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta sendiri menginap di kediaman Bupati Kuningan. Kedua delegasi mengadakan perundingan pada tanggal 11-12 November 1946.

http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Selain gedung perundingan di tempat ini juga terdapat wisata alam yang asri dan instagramable diantaranya ;

a. Water Park Linggarjati

b. Wisata Sepeda Air

c. Kolam Ikan Dewa

d. Playground anak

Untuk berkunjung ke area ini cukup dikenakan biaya sebesar Rp. 12 000 untuk pintu masuk, berlokasi di Jl. Bojong Linggarjati, Linggarjati, Kec. Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan jam oerasional pukul 8:00 sampai 17:00 WIB

3. Jalan Raya Bojong-Pakembangan

Tempat wisata ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis dikarenakan memang ini adalah jalan raya untuk perlintasan warga, namun melewati tempat ini kita disjikan dengan pemandangan pohon pinus dan perkebunan warga yang sejuk, selain itu sepanjang jalan ini kita dapat melihat monyet liar di alam berkeliaran di jalan maupun perkebunan.

Namun jika ingin berkunjung ke tempat ini harus berhati-hati dikarenakan monyet disini masih dalam kondisi liar yang dimana bisa menyerang atau mengancam manusia jika dia merasa terganggu. Dalam berkendara juga harus berhati-hati dikarenakan monyet yang berkeliaran terkadang beraktivitas di tengah jalan.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline