Lihat ke Halaman Asli

Indi Afkarina Salsabila

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor-2020- Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Pelepasan Siswa-Siswi SD N 02 Limbangan Bersama Tim KKN-T IPB Limbangan

Diperbarui: 14 Juli 2023   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sambutan Kepala Sekolah SD Negeri 02 Limbangan/Dokpri

"Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir." - Ki Hajar Dewantara. Mengingat akan quotes arti penting akan pendidikan bagi bangsa Indonesia dari Ki Hajar Dewantara mengajarkan kepada kita khususnya pemuda dan mahasiswa untuk lebih mengedepankan kualitas generasi bangsa melalui peningkatan mutu pendidikan. 

Melalui pendidikan maka kualitas sumberdaya manusia akan terlihat dan tercermin untuk landasan pembangunan suatu bangsa dan negara. Tepatnya tanggal 23 Juni 2023 pukul 08.00 WIB tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor mendapatkan kesempatan untuk menghadiri kegiatan pelepasan siswa- siswi Sekolah Dasar Negeri 02 Limbangan secara langsung oleh Bapak Kuwu (sebutan untuk Kepala Desa di daerah Indramayu) yakni Pak Rasidi.

Pada kesempatan kali ini, kami yang beranggotakan delapan mahasiswa turut hadir dan meramaikan kegiatan pelepasan siswa- siswi tersebuut. Terlihat rona wajah bahagia terpancar dari siswa- siswi yang akan siap melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga teriring rasa haru disertai bangga dari segenap dewan guru SD N 02 Limbangan selama prosesi pelepasan tersebut. 

Hal tersebut, kembali mengingatkan kami pada momen sesaat masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah dasar dengan semangat yang masih menggebu- gebu untuk terus meningkatkan prestasi dengan terus melanjutkan pendidikan. 

"Siswa- siswi SD N 02 Limbangan tahun 2023 memiliki beragam prestasi dengan perbedaan karakter dari masing- masing anak- anak turut mewarnai SD ini menjadi lebih baik lagi dalam meningkatkan kualitas pendidikan lebih baik lagi. Prosesi pelepasan tahun ini saya selaku kepala sekolah berharap agar siswa- siswi lulusan kelas enam dan akan melanjutkan ke tingkat SMP mampu terus rajin menimba ilmu dan pantang menyerah dalam mengejar serta mewujudkan cita- citanya", ujar Pak Dasiri (Kepala Sekolah SD N 02 dan SD N 01 Limbangan).

Mahasiswa KKN-T IPB bersama Kepala Sekolah SD Negeri 02 Limbangan/Dokpri

Selepas sesi sambutan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SD N 02 Limbangan, Pak Dasiri turut memberikan kesempatan kepada Koordinator Desa (Kordes) kami yakni Radix untuk turut menyampaikan sambutan sebagai wujud penerimaan masyarakat terhadap tim KKN-T sekaligus juga menyampaikan pandangan serta harapan bagi SD N 02 Limbangan.

"Terima kasih saya ucapkan mewakili tim mahasiwa KKN-T Limbangan atas kesempatan dan juga undangan sehingga kami bisa turut hadir serta meramaikan kegiatan prosesi pelepasan siswa- siswi SD N 02 Limbangan pada pagi hari ini. Semoga kehadiran kami selaku mahasiswa KKN dapat diterima dengan baik, dan ini menjadi langkah awal kami untuk terus mendekatkan diri serta mengenal lebih intens kepada masyarakat di Desa Limbangan" ujar Radix. 

Kami sangat bersyukur akan respon yang ditunjukkan oleh segenap pihak guru dan juga masyarakat yang begitu hangat dan juga welcome akan kehadiran kami. Harapan kami khususnya kepada adik- adik siswa- siswi yang akan melanjutkan ke tingkat SMP dapat diterima di sekolah yang terbaik dan sesuai dengan yang diinginkan. 

Sambutan Kordes/Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline