Lihat ke Halaman Asli

Responsible Decision Making

Diperbarui: 24 Desember 2021   03:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  • Definisi keputusan

Keputusan yang bertanggung jawab memungkinkan keputusan yang optimis Sekitar Pria atau wanita Perilaku dan interaksi sosial terutama didasarkan pada standar moral, pertimbangan protektif, dan norma sosial. 

Metode Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab Kembangkan terus menerus dan berkesinambungan sejak usia dini, dan setelah Anda terbiasa, Anda akan menjadi karakter  yang bertanggung jawab dan  menjadi lebih kuat dalam menghadapi semua  hasil. 

Ini adalah kemungkinan (tanggung jawab) untuk membawa kekuatan.Tentang Alternatif Gaya Hidup Kemampuan untuk menemukan alternatif yang dapat dipertanggungjawabkan tidak selalu dijamin. Kemungkinan ini harus dikembangkan secara sadar. Pengambil keputusan yang bertanggung jawab mempertimbangkan semua aspek, alternatif, dan hasil sebelum membuat pilihan.

  • Meningkatkan rasa tanggung jawab anak 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sikap bertanggung jawab dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan seorang anak di masa depan. Sayangnya, rasa tanggung jawab seorang anak tidak dapat tumbuh dalam semalam. Anak kecil membutuhkan waktu untuk mengembangkan kebiasaan ini. Bahkan, bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Sebagai orang tua, Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari untuk membantu membangun tanggung jawab terhadap anak Anda. Anda bisa memulainya dengan sesuatu yang sederhana. Berikut adalah thirteen cara untuk mengajari anak Anda sikap bertanggung jawab:

  • 10 Cara Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak

1. Tumbuhkan tanggung jawab sejak dini

Para ibu tidak dapat mengharapkan anak-anaknya untuk bertanggung jawab jika mereka tidak dididik di Mengajarkan anak sikap bertanggung jawab bisa dimulai sedini mungkin. Tanggung jawab merupakan salah satu kebiasaan yang harus diajarkan sejak kecil. Bahkan, dimulai saat anak masih balita. 

Ketika anak Anda berusia 3 tahun, Anda dapat melakukan tugas-tugas sederhana seperti mencuci apel sebelum makan. Semakin cepat Anda mengajari anak Anda tanggung jawab, semakin besar kemungkinan mereka menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.  

2 Arahkan Anak Usia Dini

Penting bagi orang tua untuk mengembangkan kemampuan bertanggung jawab atas anak-anak mereka. Misalnya, seorang anak berusia 5 tahun dapat melakukan outsourcing penyiraman tanaman. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline