Lihat ke Halaman Asli

Si Cantik Bunga Telang

Diperbarui: 20 Agustus 2024   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bunga Telang di lingkungan sekolah/dokpri

Bunga telang merupakan bunga yang mempunyai warna ungu dan memiliki daun berwarna hijau, dan akar yang menjalar. Sebenarnya ada beberapa warna bunga telang, tidak hanya ungu saja tetapi ada warna putih dan biru. Bunga ini mempunya ciri fisik sebagaimana  kelopaknya yang berbentuk seperti terompet, daunya berbentuk hati agak lonjong. Akarnya yang berwarna hijau dan agak kecoklatan. Daunnya bisa mengering dan berwarna agak kecoklatan.Bunga Telang biasanya tumbuh dalam kelompok yang  terkumpul diujung cabang-cabangnya. Bunga ini dapat tumbuh hingga 1-3 meter. Bunga ini sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya manfaat bunga ini juga dapat dimanfaatkan untuk pengolahan makanan. Khasiat dari bunga ini juga sangat banyak. Inilah beberapa manfaat dari bunga telang.

Bunga telang memilik banyak manfaat. Beberapa orang masih banyak yang belum mengetahui tentang manfaat dan pengolahan bunga telang. Banyak sekali manfaat dari bunga ini . Manfaat dari bunga telang adalah pewarna alami, pigmen alami yang terkandung dalam bunga ini dapat memberikan warna alami ungu dan kebiruan. Bunga telang juga mengandung antioksidan yang dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bunga telang jika dimasak bersama dengan makanan rasanya akan terasa lebih lezat. Jika bunga telang dibuat es telang akan menghasilkan rasa dan sensasi yang segar. Kini banyak yang sudah mengonsumsi dan menjadikan bunga telang sebagai bahan olaha. Tidak hanya itu saja orang- orang juga sering sekali menggunakannya sebagai pewarna dengan menyeduh bunga telang menggunakan air panas. Ada juga manfaat bunga telang untuk kesehatan.

Manfaat bunga telang bagi kesehatan adalah meringankan gejala depresi dengan mengonsumsi bunga ini depresi akan lama kelamaan mereda. Memperlancar pencernaan, dengan mengonsumsi bunga ini pencernaan akan melancar. Membantu menurunkan berat badan, bunga telang bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Bisa dijadikan sebagai minuman atau lalapan. Mengurangi peradangan dalam tubuh. Merangsang pertumbuhan rambut , pertumbuhan rambut bisa dirangsang menggunakan bunga ini. Menurunkan kolesterol tinggi, jadikan bunga ini dengan mengonsumsinya untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Meringankan gejala diabetes, dengan menjadikannya sebagai minuman. Bagus untuk kesehatan mata, jika sering mengonsumsinya. Dan bisa menurunkan tekanan darah.

Bunga telang (Clitoria ternatea) merupakan salah satu dari tanaman yang semua bagiannya memiliki manfaat fungsional bagi tubuh manusia. Bagian kelopak bunganya dilaporkan bermanfaat sebagai anti-oksidan, anti- diabetes, anti-obesitas, anti-kanker, anti-inflamasi, anti-biotik dan melindungi jaringan hati. Salah satu manfaat bunga telang untuk kesehatan adalah dapat menurunkan demam dan meredakan rasa nyeri karena peradangan di dalam tubuh. Pasalnya, manfaat ini dapat diperoleh dari sifat antiradang yang dimiliki oleh bunga telang. Salah satu produk unggulan dari KWT Migunani yaitu wajik biru, yang dibuat dengan menambahkan air bunga telang yang berwarna biru ke adonan wajik. Selain wajik juga, warna biru bunga telang juga dimanfaatkan untuk membuat nasi biru. Selain dibuat sirup, bunga telang dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan. 

Sumber:

 https://repository.ampta.ac.id/1477/3/BAB%205%20-%20LAMPIRAN_opt.pdf,

https://images.app.goo.gl/TCbaqdQw513qfFxA7,

https://www.halodoc.com/artikel/jarang-diketahui-ini-7-manfaat-bunga-telang-untuk-kesehatan,

https://www.floweradvisor.co.id/blog/7-manfaat-bunga-telang-dan-cara-menanamnya/?srsltid=AfmBOoqtGA1XzOvJEP7JowUAJ9NIuAcrOGt5uEcfNR5dglPId91F3gmj




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline