Lihat ke Halaman Asli

Alur Cerita The Hunger Games

Diperbarui: 22 Oktober 2023   19:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Hunger Games

" Sebagai penebusan akan pemberontakan mereka, setiap distrik harus mengajukan pemuda dan wanita diantara usia dua belas sampai delapan belas tahun saat acara penuaian. Para tribute ini akan diserahkan ke Capitol dan akan dibawa kearena umum untuk bertarung sampai mati, hanya satu yang akan keluar sebagai pemenang. Sekarang dan seterusnya acara ini akan dikenal dengan nama The Hunger Games"

Seri pertama film The Hunger Games dibuka dengan narasi perjanjian setelah pemberontakan tujuh puluh lima tahun yang lalu. Kemudian scene awal menunjukan kondisi distrik dua belas yang kumuh, kekurangan makanan dan orang-orang yang mengenakan pakaian berwarna senada. Distrik dua belas merupakan salah satu distrik dinegara Panem. Di distrik dua belas tinggal Katniss Everdeen,  gadis enam belas tahun bersama Ibu dan adiknya Primrose Everdeen. Katniss harus berjuang menghidupi keluarganya setelah ayahnya meninggal. Katniss sangat mahir menggunakan panah, terkadang disela-sela kegiatan berburu, Ia dan sahabatnya Gale merencakan pelarian dari distrik dua belas, hidup bersembunyi dihutan, lalu pada akhirnya mereka menertawakan mimpi tersebut. Karena mereka tau bahwa tidak ada yang bisa lolos dari Capitol.

Hari penuaian tiba, tahun ini pertama kalinya Primrose akan memasukan namanya untuk menjadi kandidat tribute. Setiap laki-laki dan perempuan dikumpulkan dialun-alun, pengundian dilakukan. Effie, perwakilan dari Capitol membacakan satu nama pada secarik kertas ditangannya, "Primrose Everdeen". Katniss tanpa ragu kemudian tanpa pikir panjang mengajukan diri sebagai volunteer menggantikan Prim. Setiap orang bisa dengan sukarela untuk mengikuti hunger games mewakili distriknya, tapi itu sangat jarang bahkan hampir tidak pernah terjadi. Selanjutnya Peeta Mellark, anak laki- laki pemilik toko roti terpilih untuk kandidat lain dari distrik dua belas.

Di Ibu Kota Capitol persiapan rangkaian kompetisi Hunger Games telah dimulai, Seneca Crane bertanggung jawab sebagai kepala pelaksana Hunger Games ke tujuh puluh empat . Ke dua puluh empat tribute tiba di Capitol. Bertolak belakang dengan kedua belas distrik, di Capitol orang-orang mengenakan pakaian mewah aneka warna, makanan berlimpah, dan selalu terlihat gembira.  Setiap tribute akan dimentori  pemenang Hunger Games sebelumnya dari distrik masing-masing, setiap tribute juga mempunyai penata busana sendiri. Katniss dan Peeta dimentori oleh Haymitch, dan Cinna sebagai penata busana. Katniss dan Peeta diberitahu bahwa mereka harus menarik perhatian penonton, setiap penonton yang tertarik dengan tribute bisa mengirimkan berbagai hadiah untuk keperluan selama kompetisi. Kompetisi Hunger Games dibuka oleh Presiden Snow, presiden negara Panem. Sesi pertama dalam unjuk kebolehan, Katniss menembakan anak panah tepat mengenai sebuah apel ditengah hidangan yang dikelilingi orang-orang Capitol. Tindakannya yang berani membuat Katniss mendapatkan banyak perhatian.

Selanjutnya para tribute dikirim kearena pertarungan, setiap tribute dipasangi alat pelacak untuk mencegah mereka kabur dari arena. Kedua puluh empat tribute memasuki arena disebuah lapangan terbuka, mereka berdiri membentuk lingkaran, ditengahnya terdapat ransel-ransel yang berisi peralatan untuk bertahan hidup. Hitung mundur dimulai, meriam ditembakan, Para tribute berlarian sepanjang lapangan, dalam hitungan detik banyak yang sudah terlibat pertarungan untuk memperebutkan ransel, Katnis kemudian melihat Peeta berlari kearah hutan tanpa mengambil ransel yang tersedia. Katniss menyambar acak satu ransel dan segera berlari memasuki hutan. Iya berhenti dibawah sebatang pohon besar untuk melihat apa yang ia dapatkan dari ranselnya. Saat tengah memeriksa isi ransel, Katnis dihampiri sekelompok tribute yang sudah membentuk persekutuan dipimpin oleh Cato. Tanpa pikir panjang Katniss segera berlari menjauh,  Cato dan kelompoknya mengejar sambil mengintimidasi. Katnis yang sedari awal bertekad untuk tidak membunuh siapapun memanjat sebuah pohon besar dan bertahan    diantara dahan-dahan pohon tersebut. Sementara dibawah, Cato dan kelompoknya terus berusaha membuat Katniss menyerah, mereka menghujani Katniss dengan lemparan pisau, tombak dan anak panah, tapi tak satupun mengenai Katniss. Hari beranjak gelap, Cato dan kelompoknya belum menunjukan tanda-tanda akan pergi. Katnis mencoba untuk tidur dengan mengikatkan diri pada dahan pohon, terdengar bunyi tembakan meriam sebanyak lima kali, menandakan lima tribute telah gugur, foto mereka yang gugur menghiasi langit buatan dalam arena.

Mendekati pagi Katniss merasa seseorang mengamatinya dari atas pepohonan, Rue gadis dua belas tahun dari distrik sebelas terlihat bersembunyi didahan pohon tidak jauh dari Katniss. Rue mencoba memberitahu Katniss dengan bahasa isyarat , ia menunjuk sarang lebah penjejak tepat diatas kepala Katniss, kemudian ia menunjuk Cato yang tertidur pulas dibawah. Katniss paham, tanpa buang waktu ia memotong dahan pohon dimana terdapat sarang lebah penjejak berukuran besar, sarang lebah tersebut hancur berantakan begitu menyentuh tanah, lebah-lebah berhamburan kesegala arah, Katniss sendiri tidak luput dari sengatan lebah. Melihat Cato dan kelompoknya kalang kabut menghadapi serangan lebah, Katnis memanfaatkan situasi tersebut untuk kabur, tidak berapa lama Ia mulai merasakan efek sengatan lebah, Ia berhalusinasi sebelum akhirnya tidak sadarkan diri. Katniss terbangun dengan bekas sengatan lebah yang telah diobati oleh Rue, Katnisspun membentuk persekutuan dengan Rue, lebih tepatnya Katniss melihat Rue yang layaknya Prim dan harus dilindungi. Rue memberi tau Katniss bahwa dia sudah tidak sadarkan diri selama beberapa hari, sementara lima belas tribute telah gugur. Tersisa Cato dan kelompoknya, tribute laki-laki dari distrik sebelas, dan gadis berambut merah dari distrik empat yang terlihat lemah. Katniss dan Rue menyusun strategi, mereka sepakat untuk melemahkan persekutuan Cato dan kelompoknya, Katniss akan meledakkan persediaan makanan yang ditumpuk Cato, Ia dan Rue membuat sebuah kode siulan burung mokingjay untuk kembali bertemu dihutan.
Katniss berhasil menghancurkan perbekalan Cato, Ia kembali kehutan tepat pada saat Rue meminta tolong, Katnis mendapati Rue terperangkap jaring jebakan, Katniss membebaskan Rue tepat saat salah satu kelompok Cato melempar tombaknya tepat mengenai Rue, bersamaan dengan busur Katniss yang tepat bersarang didadanya, laki-laki itu rubuh seketika, begitupun dengan Rue. Terdengar letusan meriam dua kali. Rue  tewas dipangkuan Katniss. Katnis mengumpulkan bunga-bunga liar dan menyusunnya disekeliling jasad Rue yang terbaring ditanah, kemudian ia membuat simbol damai kearah kamera. Seketika, terjadi kekacauan di distrik sebelas yang menyaksikan pertandingan tersebut dilayar kaca.

Sementara di Capitol, Seneca Crane terlihat berdebat dengan Haymitch. Seneca memutuskan untuk mengeliminasi Katniss karena tindakannya yang kontroversial, tidak pernah terjadi sebelumnya seorang tribute menangisi kematian tribute lainya, bahkan memberikan penghormatan pada jenazahnya. Haymitch memperingatkan Seneca bahwa mengeliminasi Katniss akan memicu kemarahan, karena sejauh ini Katnis sudah mengumpulkan banyak penggemar. Haymitch menyarankan untuk menggunakan taktik pasangan muda yang sedang jatuh cinta. Akhirnya Seneca menerima usul tersebut dan mengumumkan bahwa dua orang tribute yang berasal dari distrik yang sama dapat keluar sebagai pemenang. Katniss yang mendengar pengumuman tersebut segera mencari Peeta. Ia menemukan Peeta menyamar ditengah bebatuan dan pohon-pohon kering. Peeta terluka cukup parah, Katniss berusaha membantu Peete dan merawat luka-lukanya. Strategi Haymitch ternyata berhasil, Katniss dan Peeta menerima banyak hadiah dari sponsor.
Pagi harinya, sebagai rangkaian kompetisi, Capitol mengadakan jamuan di Cornucopia, dengan menyediakan kebutuhan tambahan bagi para tribute yang tersisa. Tujuannya untuk memancing para tribute keluar dari persembunyian. Sementara itu benih-benih cinta Katniss dan Peeta terlihat semakin kuat. Merekapun mulai menghitung tribute yang tersisa, terdengar bunyi tembakan meriam satu kali, kali ini gadis berambut merah dari distrik empat. Tersisa lima orang tribute termasuk Katniss dan Peeta.
Sebagai tantangan terakhir, Capitol memasukan anjing-anjing mutant pemburu yang lapar. Anjing-anjing ini menggiring para tribute yang tersisa ke Cornucopia. Katniss dan Peeta berlari dari kejaran anjing mutant, diiringi suara tembakan meriam terdengar dua kali, akhir kompetisi sudah semakin dekat, tersisa Katniss, Peeta dan Cato, mereka bertemu di Cornucopia dan memanjat tempat perjamuan yang tidak terjangkau anjing-anjing mutant. Setelah pertarungan di Cornucopia khirnya Cato berhasil dijatuhkan dan seketika diseret oleh anjing-anjing mutant, satu tembakan meriam menggema, tersisa Katniss dan Peeta. Tiba-tiba terdengar pengumuman bahwa dua pemenang dibatalkan, kembali keaturan awal yang hanya memperbolehkan satu pemenang yang keluar hidup-hidup. Peeta meminta Katniss untuk keluar dan membunuhnya, tapi Katniss punya rencana lain, Ia mengambil beri hutan beracun dan meminta Peeta memakannya bersama. Hunger games tanpa pemenang akan memicu pergolakan, Capitol segera menghentikan tindakan tersebut dan menyatakan Katniss dan Peeta sebagai pemenang hunger games, untuk pertama kalinya terjadi dalam sejarah tujuh puluh empat tahun hunger games. Keluar dari arena kompetisi Katniss dan Peeta dipersiapkan untuk tur kemenangan, Haymitch memperingatkan mereka bahwa Presiden Snow tidak senang dengan apa yang terjadi di arena.
Film ditutup dengan adegan Presiden Snow menatap Katniss dilayar televisi penuh amarah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline