Lihat ke Halaman Asli

Rachmad Yuliadi Nasir

Jurnalis Independent

Portal Kompasiana di Usia 11 Tahun

Diperbarui: 25 Oktober 2019   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banner Kompasiana (Doc kompas.com)

JAKARTA-Independent, Dengan berjalannya waktu maka tidak terasa portal kompasiana.com telah memasuki tahun ke 11.

Kompasiana adalah publikasi online yang dikembangkan oleh Kompas Cyber Media sejak 2008. Dengan menggunakan sarana internet setiap orang dari seluruh dunia dapat mengakses portal kompasiana.com

Pada tanggal 22 Oktober 2019, tepat usia kompasiana memasuki ulang tahun ke-11.  Menurut situs alexa.com bahwa saat ini www.kompasiana.com menempati rangking ke-20 dari semua portal online yang ada di Indonesia atau  induknya yaitu www.kompas.com. pada rangking ke-7.

Redaksi Kompasiana di Hari Ulang Tahun Kompasiana ke-11 (Doc kompasiana)

Catatan dari situs alexa.com menunjukan bahwa portal kompasiana.com di urutan ke-20 dengan data lainnya: Daily Time on Site (2:47), Daily Pageviews per Visitor (1.30), % of Traffic From Search (62.60%), Total Sites Linking In (19,997).

Tepat sekali perkataan Nurulloh, Chief Operation Officer Kompasiana pada ulang tahun kompasiana ke-11 bahwa,"Kompasiana memasuki tahun ke-11 ini ada sedikit istimewa karena performa Kompasiana pada tahun 2019 sudah mencapai pada pencapaian yang terbaiknya.

Banyak sekali harapan-harapan agar Kompasiana bisa semakin bermanfat, tidak hanya menjadi yang terbaik.

Sebuah fakta jika dalam mengonsumsi informasi generasi "Y" tidak lagi mengandalkan koran atau majalah cetak sebagai channel utama, melainkan digital. Melalui digital mereka dapat langsung berinteraksi dengan para konsumen lain atau bahkan dengan pemilik media.

Persaingan makin luas dan kadang tak dapat diprediksi. Institusi atau perusahaan media tidak lagi bersaing dengan media lainnya, tetapi berkompetisi dan berebut kue bisnis dengan banyak platform digital atau bahkan komunitas.

Banyak pemain bisnis bergerak di sektor informasi digital karena media digital merupakan sarana yang cepat dan efisien, dapat diakses dimanapun dan kapan pun asalkan terkoneksi dengan internet.

Data kompasiana menunjukan bahwa jumlah konten yang tayang sejak Juni 2018-Mei 2019 rata-rata berjumlah 500 konten per hari atau 15 ribu perbulannya. Bila tulisan-tulisan itu semua dibukukan maka sudah banyak buku yang dihasilkan.

Kompasiana makin populer dengan banyaknya orang yang membagi tautan via medsos seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline