Lihat ke Halaman Asli

Rachmad Yuliadi Nasir

Jurnalis Independent

Pengembangan SDM ASN dengan Rakornas BPSDM 2019

Diperbarui: 26 Juli 2019   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyampaian Presentasi dalam Rakornas BPSDM 2019 seluruh Indonesia | dokpri

JAKARTA-Independent, Kementrian Dalam Negeri, dalam hal ini BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) pusat bekerjasama dengan BPSDM Aceh menyelenggarakan Rakornas BPSDM seluruh Indonesia.

Aceh merasa terhormat dengan pemilihan tempat acara Rakornas BPSDM 2019 seluruh Indonesia. Ada 600 orang peserta dari perwakilan Provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Kepala BPSDM Aceh, Dr Mahyuzar, M.Si menyebutkan bahwa," Kegiatan ini adalah Rakornas-Rapat Koordinasi Nasional kepala BPSDM Provinsi dan BKPSDM (Badan Kepengawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kabupaten/kota seluruh Indonesia."

Tujuan utamanya adalah adanya akselerasi program pengembangan SDM pada BPSDM Kemendagri, Provinsi, Kabupaten/Kota guna mendukung program nasional tahun 2020-2024.

Acara ini dilaksanakan di Hotel Grand Nanggroe sejak 25-27 Juli 2019. Dan dibuka oleh Teguh Setyabudi Kepala BPSDM Kemendagri pada hari Kamis, 25 Juli 2019.

Dalam sambutannya Teguh Setyabudi Kepala BPSDM Kemendagri mengambil judul,"Pengembangan SDM ASN Pemerintahan Dalam Negeri yang Responsif, Adaptif dan Antisipatif.

Untuk mendukung kelancaran Rakornas BPSDM seluruh Indonesia Tahun 2019 di Banda Aceh, Dinas Perhubungan Aceh sebagai penanggung jawab transportasi memfasilitasi 10 armada bus yang terdiri dari 4 bus besar (50 seat), 4 bus sedang (30 seat) dan 2 bus kecil (12 seat).

Ada beberapa hal yang menjadi pokok bahasan dalam Rakornas BPSDM seluruh Indonesia yaitu: Program Pengembangan Sumber Daya Manusia tahun 2020 (Prioritas Nasional dan Isu Aktual), Arah kebijakan Pengembangan ASN di daerah melalui manajemen talenta nasional dalam RPJMN 2020-2024.

Bahasan yang terpenting adalah tentang perubahan paradigma dan arah kebijakan pengembangan kompetensi ASN tahun 2020/Diklatpim dan latsar serta Evaluasi proporsi dan rencana alokasi anggaran pengembangan SDM aparatur sesuai pedoman penyusunan APBD.

Disela-sela acara Rakornas BPSDM seluruh Indonesia para peserta juga sempat menikmati aneka kuliner yang ada di kota Banda Aceh. Juga mengunjungi berbagai macam objek wisata seperti masjid raya Baiturrahman, museum tsunami, museum Aceh, situs kapal PLTD Apung, kapal diatas atap rumah Peunayong.

Rachmad Yuliadi Nasir (WhatsApp :+62.8887211300)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline