Lihat ke Halaman Asli

Rachmad Yuliadi Nasir

Jurnalis Independent

Bisnis Budidaya Pohon Kurma

Diperbarui: 22 November 2017   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seminar tentang Bisnis Kurma

JAKARTA-Independent, Kurma adalah buah yang sangat popuper karena bagi seorang muslim pasti kenal yang namanya buah kurma. Dalam kehidupan ini biasanya buah kurma ramai diperjualbelikan pada musim bulan Ramadhan atau dikonsumsi pada bulan puasa.

Buah kurma yang asalnya dari jazirah Arab kini telah tersebar ke seluruh dunia. Negara-negara non muslim seperti Inggris, Amerika Serikat, Israel dan Thailand bahkan berinvestasi yang besar terhadap tanaman kurma.

Pasaran Kurma terus meningkat setiap tahunnya, apalagi jamaah yang naik haji dan berumrah diwajibkan membawa oleh-oleh buah kurma. Negara pengimpor kurma terbesar untuk Indonesia: Negara Mesir senilai US$ Rp 3,16 juta, Negara Iran senilai US$ 1,82 juta, Negara Palestina senilai US$ 281,22 ribu dan Negera Arab Saudi senilai US$ 71,05 ribu.

Salah satu Kurma asal Mesir yang ditampilkan dalam seminar

Makanan buah kurma sangat berkhasiat untuk kesehatan. Jenis kurma bermacam-macam, berbeda ukuran dan asal kurma juga berbeda rasa dan teksturnya.

Kurma juga adalah salah satu makanan dan buah favorit kesukaan Rasulullah SAW, bahkan memakannya sebagai hidangan berbuka puasa merupakan sunnah dari Rasulullah SAW. Di dalam Al-Quran, Allah SWT banyak menyebutkan tentang kurma sampai 20 kali.

Surah Maryam ayat 25 disebutkan bahwa," Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu."

Bagi umat Muslim, buah kurma memang disarankan untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Tak heran selama Ramadhan buah kurma selalu laris manis di pasaran. Selain karena dianjurkan sebenarnya buah kurma memang memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh apalagi jika di konsumsi sebagai menu saat berbuka puasa.

Ayat lainnya adalah terdapat dalam surat Al-An'aam ayat 99 bahwa,"Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman."

Dalam suatu acara seminar Internasional tentang,"Mengapa Harus Menanam Kurma," di aula dinas Kehutanan Aceh yang menghadirkan dua orang pakar didalamnya yaitu Abdul El Jawab Ebadi dari Mesir dan Mahdi Muhammad dari Aceh Besar.

Kedua orang ini membeberkan kiat-kiat dalam berbisnis kurma. Tanaman kurma adalah tanaman yang bisa tumbuh dimana saja baik di iklim panas maupun iklim dingin. Tanaman kurma banyak disebutkan dalam Alquran dan sangat berguna bagi manusia.

Jumlah produksi buah kurma  yang diproduksi oleh negara-negara produsen kurma terbesar di dunia adalah: Negara Mesir 1,084,529 Ton, Negara Iran 947,809 Ton, Negara Arab Saudi 836,983 Ton, Negara Irak 675,440 Ton, Negara Pakistan 556,608 Ton, Negara Uni Emirat Arab 533,701Ton, Negara Aljazair 485,415 Ton, Negara Sudan 435,668 Ton, Negara Sudan Selatan 432,100 Ton, Negara Oman 239,397 Ton.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline