Lihat ke Halaman Asli

Rachmad Yuliadi Nasir

Jurnalis Independent

Konversi Bank Aceh ke Syariah Tertunda

Diperbarui: 11 Agustus 2016   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bank Aceh Syariah : bankaceh.co.id

JAKARTA-Independent, Sudah jauh-jauh hari harapan masyarakat Aceh agar secepatnya bank milik Pemko Aceh yaitu Bank Aceh bisa secepatnya beralih atau dikonversi menjadi syariah.

Sistem penerapan IT yang menjadi kendala pada konversi Bank Aceh menjadi Bank Aceh Syariah. Pada hari ulang tahun Bank Aceh ke-43, Banda Aceh, Sabtu 06 Juni 2016, hanya dilakukan seremoni sederhana dan dilakukan soft launching konversi Bank Aceh menjadi Bank Aceh Syariah.

Direktur SDM dan Syariah Bank Aceh, Haizir Sulaiman berharap," Persetujuan konversi sudah resmi didapat dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Surat OJK No.5-61/PB.1/2016, pada Kamis 4 Agustus 2016. Saat ini, Bank Aceh tengah berkoordinasi dengan Bank Indonesia untuk bisa mendapat izin operasional."

"Izin sudah keluar dan Operasional Bank Aceh Syariah baru berjalan pada 5 September 2016," ujar praktisi ekonomi syariah, Adiwarman Karim di kantor Pusat Bank Aceh. Ada aturan bank harus mengumumkan perubahan setidaknya 10 hari sebelum operasional baru berjalan.

Proses perpindahan teknis butuh waktu lebih panjang, bahkan hingga akhir pekan. Real Time Gross Settlement (RTGS), GWM, dan instrumen likuiditas di BI yang semula konvensional, harus dipindahkan menjadi syariah.

Portofolio Bank Aceh sudah dipindahkan ke syariah. Untuk portofolio yang belum jatuh tempo, Bank Aceh masih menunggu jatuh temponya. Aneka penghasilan nonhalal yang diperoleh sisa proses konversi akan masuk ke laba operasional yang dihentikan. Koordinasi dengan BI dibutuhkan, terutama terkait sistem pembayaran dan sistem pelaporan.

Kinerja Bank Aceh pada periode Juni 2016 aset Rp 20,78 Triliun. Di tahun 2011 pertumbuhan kredit Bank Aceh berada pada level Rp 9,1 Triliun, sedangkan di tahun 2016 naik menjadi Rp 12,1 Triliun.

Harapan terpenting dari Direktur Utama PT Bank Aceh, Busra Abdullah,  agar konversi Bank Aceh menjadi Bank Aceh Syariah sesuai motto baru adalah Dengan semangat “Hijrah–Berkah–Bertambah”, Bank Aceh Syariah siap menghadapi tantangan dengan sikap optimis dan pantang menyerah.

Peringatan ulang tahun Bank Aceh ke-43 ini diakhiri dengan ramah tamah antar semua karyawan dengan para jurnalis dan disajikan jamuan makan siang di lantai 4 kantor operasional Bank Aceh di kawasan batoh Banda Aceh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline