Lihat ke Halaman Asli

Rachmad Yuliadi Nasir

Jurnalis Independent

Kandidat Walikota Banda Aceh yang Terbaik

Diperbarui: 5 Agustus 2016   01:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

JAKARTA-Independent, Gaung Pilkada Aceh telah dapat kita saksikan bersama. Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh telah meluncurkan tahapan pilkada dan acara besar yang tertajuk "Launching Pilkada Serentak 15 Februari 2017," di gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, pada hari Selasa, 2 Agustus 2016.

Pada tanggal keramat bagi rakyat Aceh inilah dapat kita saksikan pertarungan antar kandidat untuk duduk di kursi Gubernur, Bupati, Walikota serta wakilnya. Kota Banda Aceh sebagai ibukota provinsi Aceh tentu saja menjadi sorotan pengamat dalam dan luar negeri.

Semua orang pasti menantikan siapa yang pantas duduk di kursi Walikota Banda Aceh periode 2017-2021. Dalam menyongsong pilkada walikota Banda Aceh maka terdapat dua kubu yaitu kubu calon Independen serta kubu calon Partai Politik.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh juga telah membuat acara"Sosialisasi Pemantapan: Penyerahan Dukungan Bakal Pasangan Calon Perorangan Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh Tahun 2017," di aula KIP Kota Banda Aceh, Selasa, 2 Agustus 2017.

Pada acara "Sosialisasi Pemantapan: Penyerahan Dukungan Bakal Pasangan Calon Perorangan Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh Tahun 2017" dihadiri oleh beberapa orang calon Independen. Akan tetapi belum terlihat siapa bakal calon Wakil Walikota." Disini hanya diisi cara pengisian data secara komputerisasi, simulasi silon dalam memproses penyerahan syarat dukungan perseorangan.

Berdasarkan daftar agregat kependudukan perkecamatan (DAK2) sebagai persyaratan bakal pasangan calon perseorangan yaitu sebayak 236.190 jiwa.

Jumlah minimal calon perseorangan adalah 3 persen dari 236.190 jiwa yaitu sebanyak 7.086 dukungan berupa copian KTP. Jumlah dukungan ini tersebar di 50 % dari 9 kecamatan yang ada di Banda Aceh yaitu sebanyak 5 kecamatan.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh telah menerbitkan Pengumuman Penyerahan Dokumen Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota  Banda Aceh Tahun 2017.

Calon Independen bisa mendaftarkan ke kantor KIP Kota Banda Aceh sejak tanggal 6-10 Agustus 2016 dengan melengkapi berkas Softcopy B.1-KWK Perseorangan dan Hardcopy B.1-KWK Perseorangan. Selanjutnya akan diadakan verifikasi data hingga tanggal 15 September 2016.

Pada tanggal 19 September 2016 calon resmi dari partai politik bisa mendaftarkan nama kandidatnya dan calon perseorangan yang kurang data dukungan bisa melengkapi kekurangannya dari jumlah 7.086 dukungan.

Penetapan pasangan calon pada 22 Oktober 2016 dan pengundian serta pengumuman nomor urut pasangan calon pada 23 Oktober 2016.  Disinilah kita akan mengetahui nama-nama para kandidat untuk duduk di kursi Walikota/wakil Walikota Banda Aceh periode 2017-2021. Masa kampanye 26 Oktober 2016 - 11 Februari 2017.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline