KKN KARYAWAN UNIKAMA INOVASI OLAHAN PISANG MENJADI MAKANAN
DENGAN MEMANFAATKAN DIGITAL MARKETING
Fakultas Pendidikan Sekolah Dasar
Universitas PGRI Kanjuruan Malang
Abstrak
Pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak awal 2020 dengan dampak signifikan pada urutankehidupan sosial dan penurunan kinerja ekonomi di sebagian besar negara di dunia, termasukIndonesia. Pandemi Covid 19 memberikan dampak buruk pada keberlangsungan kehidupanekonomi Indonesia, khususnya bagi pelaku UMKM.
Salah satu UMKM yang terdampakCovid 19 yaitu usaha pisang goreng milik Bu Narmi di Kelurahan Sekar Banyu KabupatenMalang Dengan adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village UniversitasPGRI Kanjuruan Malang ini mempunyai tujuan untuk melakukan pemberdayaan wirausahamasyarakat yang terdampak Covid 19.
Program ini memberikan pelatihan tentang caramengkreasikan produk menjadi makanan yang lebih mempunyai nilai jual yang tinggi,melakukan branding pada produk, dan pemasaran melalui digital marketing.
Hasil yangdidapatkan setelah adanya KKN Karyawan Universitas PGRI Kanjuruan Malang ini adalahmenginovasi pisang goreng menjadi bolu pisang frozen food, memperbarui kemasan menjadibox plastik serta menambahkan logo pada produk, dan berhasil melakukan promosi melaluimedia sosial instagram dan whatsapp business.
Kata Kunci: KKN Karyawan ,UMKM, Kelurahan Sekar Banyu, Bolu Kukus Pisang
Abstract: The Covid-19 pandemic that has occurred since early 2020 with a significantimpact on the order of social life and a decline in economic performance in most countries inthe world, including Indonesia. The COVID -19 pandemic has had a negative impact on thesustainability of Indonesia's economic life, especially for UMKM .
One of the UMKMaffected by Covid 19 is Bu Narmi's fried banana business in Sekar Banyu Village, SekarBanyu District. With the Back To Village Real Work Lecture (KKN) program, theUniversity of Malang has the aim of empowering community entrepreneurs who are affectedby Covid 19.
This program provides training on how to create products into food that has ahigher selling value, branding products, and marketing through digital marketing.
The resultsobtained after the KKN Karyawan University of Malang were innovating fried bananas intofrozen food cake banana, updating the packaging into plastic boxes and adding a logo to theproduct, and successfully promoting through social media Instagram and WhatsApp business.
Keywords: KKN Karyawan, UMKM, Sekar Banyu Village, Cake Banana
PENDAHULUAN
Coronavirus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusiadan hewan. Pada manusia, infeksi pernapasan umumnya disebabkan, mulai influenzabiasa dengan penyakit serius seperti sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) dansindrom pernapasan parah / sindrom pernapasan akut parah (SARS).
Presiden JokoWidodo melaporkan pertama kali untuk menemukan dua kasus infeksi Covid-19 diIndonesia pada 2 Maret 2010. Pasien Covid -19 yang dikonfirmasi di Indonesia dimulaidengan suatu peristiwa di Jakarta di mana pasien melakukan kontak fisik dengan warganegara asing (WNA) dari Jepang yang hidup di Malaysia.
Pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak awal 2020 dengan dampak signifikan padaurutan kehidupan sosial dan penurunan kinerja ekonomi di sebagian besar negara didunia, termasuk Indonesia. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Ekonomi nasionalmemiliki peran penting dan strategis.
Kondisi ini sangat memungkinkan karenakeberadaan UMKM cukup dominan dalam perekonomian Indonesia, dengan alasanmengapa jumlah industri penting dan terkandung di semua sektor ekonomi;
Potensi besaruntuk penyerapan pekerjaan dan kontribusi UMKM dalam pembentukan produkdomestik bruto (PDB) sangat dominan.
Pandemi Covid 19 memberikan dampak buruk pada keberlangsungan kehidupanekonomi Indonesia, khususnya bagi pelaku UMKM. Penelitian Thaha (2020)melaporkan bahwa 163.713 pelaku UMKM pada sektor makanan danminuman terkena dampak pandemi Covid-19. Hasil laporan penelitian tersebutditambah dengan data Kemenkop UMKM yang melaporkan bahwa 56% pelakuUMKM mengalami penurunan penjualan, 22% pada aspek pembiayaan, 15% padaaspek distribusi barang, dan 4% mengalami kesulitan mendapatkan bahan bakumentah.
Penelitian Soetjipto (2020) menjelaskan mengenai penyebab penurunanomzet pelaku UMKM, yang meliputi 63% disebabkan oleh daya beli konsumenmenurun, 46% konsumen takut membeli disertai adanya aturan PSBB, dan 42%adanya aturan jam operasional toko.
Malang adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur dengan Ibu Kotanya berada diKota Malang. Kabupaten in terletak di ujung paling Barat. Malang memiliki berbagaijenis UMKM. Dari layanan yang diberikan atau produk yang diproses dengan penerapannilai tambah dan inovasi pada setiap produk. Banyak orang di Kabupaten Malang beradadi dunia kewirausahaan karena potensi wisata sangat penting dan janji.
Sekar Banyu adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Malang, Kabupaten MalangProvinsi Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya tidak jauh dari perkotaan, sebagianmasyarakatnya mempunyai pekerjan diperkantoran dan sebagian masyarakat yang lainmemiliki pekerjaan yaitu berwirausahaan dan petani.
Setelah melakukan survei lapanganbanyak ditemukannya potensi usaha yang dimikili di Desa Sekar Banyu ini. Salahsatunya adalah kebun pohon pisang milik Bapak Rony yang berada di Jalan Brawijaya.
Diketahui warga Kebalenan banyak yang memiliki usaha mikro kecil dan menengah.
Maka penulis memilih untuk mengambil tema yaitu "Program Pemberdayaan WirausahaMasyarakat Terdampak Covid 19". Ibu Narmi merupakan salah satu warga Sekar Banyuyang memiliki UMKM. Beliau memiliki usaha dibidang kuliner, yaitu berjualan pisanggoreng rasa-rasa.
Sejak adanya pandemi Covid 19 ini penghasilan yang didapatkan olehbu Narmi mengalami penurunan. Dari hasil wawancara yang dilakukan degan sasaran,faktornya adalah berkurangnya minat pelanggan terhadap produk dan berkurangnyawaktu untuk berjualan di booth dikarenakan aturan PPKM yang mengharuskan semuatutup pada jam 8 malam.
Dikarenakan hal itu, maka penulis menyusun program kerjainovasi produk dan digital marketing Bolu Kukus Pisang untuk membantu UMKM milikBu Narmi agar meningkatkan nilai jual buah pisang.
Strategi pelaku UMKM dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 diduga dapatdilakukan melalui pemasaran produk secara Online. Kendala strategi tersebut adalahpelaku UMKM yang belum memahami cara pemasaran produk secara digital,mulai dari pemfotoan, perancangan iklan, hingga publikasi produk di platform digital.
Dampak strategi tersebut menghasilkan penghematan luar biasa pada sektor produksi,distribusi, dan pemasaran konvensional.
Digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan penerapan teknologisecara digital. Salah satu bentuk marketing digital dengan menggunakan mediaelektronik atau internet adalah internet marketing (e-marketing). E-Marketing merupakansuatu proses pemasaran yang menggunakan teknologi komunikasi elektronik, khususnyainternet.
Peran strategi digital marketing dapat menjadi hal yang penting dalammengikuti perkembangan teknologi digital dan mengembangka rencana untuk menarikkonsumen dan mengarahkannya pada perpaduan antara komunikasi elektornik dankomunikasi tradisional (Chaffey, Chadwick, Mayer, & Johnston, 2009).
Strategi digitalmarketing dengan menggunakan media sosial sangatlah penting karena dapat memberipengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalammemperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkanproduknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri .
METODE
Menurut Sugiono (2009), ada beberapa jenis metode penelitian yang dikelompokkansebagai metode karya ilmiah, yaitu metode eksperimental, deskriptif dan evaluatif.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yang mencari penjelasan terkaitdengan fakta atau peristiwa yang sedang terjadi yang akan dianalisis dan dibandingkandengan kenyataan saat ini untuk memberikan solusi untuk masalah yang timbul.
Objekpenelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Ibu Narmi salah satu wargaKebalenan yang memiliki UMKM dan bergerak pada bidang makanan.
Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap terdiri dari pendahuluan, pelatihan, dan prosesproduksi, dan pemasaran. Tahap pendahuluan ini dilakukan dengan melakukan surveylapangan, tujuannya untuk mengetahui kondisi nyata yang berada di lingkunganKebalenan. Selain itu juga melakukan sharing bersama sasaran mengenai program kerjayang akan dilakukan.
Tahap selanjutnya adalah melakukan pelatihan, pelatihan inidiadakan guna untuk menambah ilmu kepada sasaran mengenai usahanya.
Setelahmengikuti pelatihan ini diharapkan sasaran dapat menerapkan ilmunya untukmenjalankan usaha kedepannya. Tahap ketiga adalah proses produksi, denganmenerapkan inovasi-inovasi yang telah direncanakan. Dan tahap terakhir adalahpemasaran. Pemasan disini dilakukan dengan digital marketing guna mempermudahsasaran dalam mempromosikan produknya ke masyarakat.
Kerja Nyata (KKN) berlangsung selama 30 hari. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 3Agustus 2022 dengan kegiatan yaitu penerjunan sampai dengan penarikan pada tanggal25 Agustus 2022. Kegiatan yang dilakukan antara lain :
1. Pada tanggal 25 Juli 2021, DPL menyampaikan materi dan sharing mengenai progam
melalui web meeting
2. Pada tanggal 27 Juli 2022, mahasiswa KKN melakukan observasi tempat sasaran
3. Pada tanggal 04 Agustus 2022. penerjunan mahasiswa KKN di Desa masing-masing
bersama sasaran
4. Pada tanggal 05 Agustus 2022, penulis melaukan sharing bersama sasaran tentang
program kerja yang akan dilaksanakan
5. Pada tanggal 11 Agustus 2022, penulis melakukan survei ke pemilik kebun pisan g
untuk mengetahui lebih detail tentang jenis-jenis pisang
6. Pada tanggal 11 Agustus 2022, penulis mengerjakan logbook mingguan, berita desa,
dan membuat video dokumentasi
7. Pada tanggal 12 Agustus 2022, penulis melakukan sharing bersama sasaran tentang
inovasi yang akan dilakukan
8. Pada tanggal 12 Agustus 2022, penulis melakukan sharing bersama pemilik kebun
pisang tentang manfaat buah pisang
9. Pada tanggal 18 Agustus 2022, penulis datang ke Kelurahan untuk melakukan laporan
mengenai kegiatan KKN, kemudia penulis melakukan rapat bersama kelompok untuk
membahas mengenai pengajuan mentor yang akan dilakukan
10. Pada tanggal 19 Agustus 2022, penulis melakukan pengajuan mentor kelas desa
11. Pada tanggal 19 Agustus 2021, penulis mengerjakan poster kelas dan poster materi
kemudian mengajukan kelas desa
12. Pada tanggal 24 Agustus 2022, penulis melakukan kegiatan belanja bahan -bahan untuk
pembuatan nugget pisang
13. Pada tanggal 25 Agustus 2022, penulis dan sasaran mulai melakukan proses
pembuatan nugget pisang
14. Pada tanggal 25 Agustus 2022, penulis dan sasaran memberikan inovasi rasa pada
nugget pisang
15. Pada tanggal 25 Agustus 2022, penulis dan sasaran membuat desain logo produk yang
nantinya dapat membantu mempermudah mengenalkan produk kepada masyarakat.
16. Pada tanggal 25 Agustus 2022, penulis melakukan pendampingan bersama sasaran
untuk menempelkan logo yang sudah dibuat pada kemasan produk yang telah dirubah
menjadi box plastik
17. Pada tanggal 26 Agustus 2022, penulis mengerjakan tugas revisi berita desa
18. Pada tanggal 27 Agustus 2022, melakukan penarikan KKN Karyawan secara serempak
bersama sasaran
HASIL DAN PEMBAHASAN
Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan secara online di domisili masing-masingmahasiswanya membuat kegiatan yang berlangsung cepat selama 30 hari.
Mulai darimencari potensi apa yang ada di desa sampai dengan pengolahan dan pemasaranproduk hasil potensi yang ada di desa tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat danmemiliki nilai jual yang tinggi. Dengan kondisi pandemi Covid 19 seperti sekarangini banyak warga yang mengalami penurunan perekonomian, salah satunya UMKM.
Maka dari itu, penulis merancang program kerja yang bertema kewirausahaan gunamendorong kreatifitas warga agar dapat bangkit dan menghadapi kondisi pandemi ini.
Tujuan dari program kerja yang dilakukan penulis akan memberikanpengetahuan dan pelatihan kepada sasaran supaya dapat menjalankan kegiatan selama30 hari dengan melaksanakan program kerja setiap minggunya mulai dari pengenalanpotensi, cara mengelola, dan cara memasarkan produk menggunakan digitalmarketing.
Penulis dan sasaran akan menjalankan program dengan membuat bolukukus pisang agar pisang dapat memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat menjadi
makanan ringan yang diminati oleh masyarakat.
1. HASIL
Setelah mengetahui permasalahan yang dialami Bu Narmi, menurut penulissasaran kurang mengkreasikan olahan pisangnya sehingga kurang diminati olehmasyarakat. Jadi penulis melakukan inovasi pada produk sasaran denganmengubahnya menjadi makanan frozen food. Frozen food merupakan makanan yangdibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan lebih lama hingga siap untukdisajikan.
Buah pisang yang dipilih oleh pengabdi dan sasaran adalah jenis buah pisangkepok.
Menurut pemilik kebun pohon pisang, jenis pisang kepok memang yang palingenak untuk dijadikan olahan makanan karena teksturnya yang lembut dan jugarasanya yang manis. Pada saat melakkan proses produksi, pengabdi menyarankankepada sasaran untuk tetap menggunakan protokol kesehatan seperti tetap
menggunakan masker dan menggunakan sarung tangan pada saat melakukan prosesproduks agar produk yang dihasilkan tetap steril dan juga sehat.
Selain sasaran mendapatkan ilmu dalam mengolah pisang, sasaran jugamendapatkan ilmu melalui pelatihan yang diberikan oleh pengabdi sebanyak 5 kalidengan tema ; pengenalan platform digital, penyelarasan persepsi wirausaha,pengenalan digital marketing, branding, dan pengenalan marketplace shopee.
Hasildari pelatihan yang telah dilakukan tersebut adalah, sasaran melakukan brandingdengan menambahkan logo pada produknya agar produknya dapat dikenal olehmasyarakat luas, dan juga mengubah kemasannya ke kemasan yang dapat menyimpanproduknya dengan aman.
Sasaran juga memilih sosial media instagram danmenggunakan whatsaap business sebagai media pemasaran produknya. Sehinggapengabdi melakukan pendampingan dalam mendaftarkan akun pada instagram danwhatsapp businessnya.
Sasaran juga mendapatkan ilmu mengenai cara pengambilan foto dan videoproduk yang bagus dan cara mengeditnya agar dapat menarik perhatian konsumen.
Setelah foto dan video produknya jadi, sasaran didampingi oleh pengabdi untukmelakukan promosi di instagram dan whatsapp businessnya yang telah dibuat.
Sasaran menjelaskan bahwa sebelumnya beliau tidak pernah menggunakan sosialmedia, tetapi setelah mengikuti pelatihan beliau mulai bisa menggunakan sosialmedianya dengan baik dan benar.
Pada saat pertama memposting produk ke instagramnya respon yang didapatkurang baik, sehingga sasaran mencoba untuk melakukan promosi ke kerabat dantetangga terlebih dahulu. Kemudian sasaran mencoba mengupload postinganproduknya lagi di instagram dan mulai ada respon dari konsumen.
Sebanyak 3 orangmulai order bolu pisang dengan jumlah orderan ; orang pertama sebanyak 2 box,orang kedua sebanyak 2 box, dan orang ketiga sebanyak 3 box. Setelah menerimaorderan tersebut, sasaran langsung menyiapkan dan mengirim nugget pisangnyamelalui kurir.
2. ANALISI USAHA
Sebelum mengikuti KKN
Modal Awal
Bahan baku Rp. 103.500,- Peralatan Rp. 15.000,-Modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp. 118.500,-Pendapatan
Diperkirakan dengan modal awal yang telah dihitung menghasilkan 10 box pisang
goreng. Harga 1 box bolu pisang adalah Rp. 15.000,-. Maka omset yang didapatkan
sebesar Rp. 150.000,-Keuntungan
Keuntungan = omset yang didapatkan -- modal awal
= Rp. 150.000 -- Rp. 118.500
= Rp. 31.500,-Maka dengan menjual 10 box bolu pisang akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp.
31.500,-Setelah mengikuti KKN
Modal Awal
Bahan baku Rp. 134.500,- Peralatan Rp. 58.500,-Modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp. 193.000,-Pendapatan
Diperkirakan dengan modal awal yang telah dihitung menghasilkan 10 box pisang
goreng. Harga 1 box bolu pisang adalah Rp. 25.000,-. Maka omset yang didapatkan
sebesar Rp. 250.000,-Keuntungan
Keuntungan = omset yang didapatkan -- modal awal
= Rp. 250.000 -- Rp. 193.000
= Rp. 57.000,-Maka dengan menjual 10 box bolu pisang akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp.
57.000,-
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Hasil setelah melakukan program kerja KKN Karyawan Universitas PGRI KanjuruanMalang yang diterapkan pada UMKM milik Bu Narmi berjalan dengan lancarwalaupun terdapat beberapa kendala tetapi dapat diatasi dengan baik.
Perubahan yangterjadi setelah diadakannya KKN pada UMKM milik Bu Narmi ini adalah Bu Narm idapat memanfaatkan pisang menjadi olahan lain yang memili ki nilai jual yang tinggiyaitu bolu pisang dan juga Bu Narmi dapat melakukan pemasaran produknya secaraonline melalui media sosial yang telah dibuatnya.
Saran
Dengan potensi yang ada di Kebalenan diharapkan masyarakan dapat berkreasi dalammemanfaatkannya dan dijadikan sebuah produk yang mempunyai nilai jual tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
"Kuliah Kerja Nyata". Universitah PGRI Kanjuruan Malang Diakses pada tanggal 25
Agustus 2022
Andayani, Indah, Maria Veronika Roesminingsih, dan Wiwin Yulianingsih. 2022.
Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid 19.
Febriantoro, Mohammad Trio, dan Debby Arisandi. 2018. Pemanfaatan Digital
Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi
Asean.
Nabila, Sharfina, Muhammad Nursan, dan Komang Suparyana. 2022. Dampak Pandemi
Covid 19 Terhadap UMK
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI