Lihat ke Halaman Asli

Indarwati

Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Pemberdayaan UMKM Ibu-ibu PKK Desa Sekarbanyu, Sumbermanjing Wetan oleh KKN Karyawan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Diperbarui: 15 September 2022   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada tanggal 2 agustus 2022 Universitas PGRI Kanjuruhan Malang melepas ratusan mahasiswa di beberapa kecamatan di kabupaten malang untuk melaksanakan kegitan KKN 2022. Menurut ketua pelaksana Dr. Enike Dwi Kusumawati, "tema yang diambil pada KKN 2022 ini yaitu sustainable village development (pembangunan desa yang berkelanjutan). Sehingga difokuskan mahasiswa dapat menggali potensi yang dimiliki desa-desa yang telah menjadi tempat untuk mereka melaksanakan KKN dan program ini berjalan hingga tahun 2026." Ujar beliau saat melakukan seremonial pelepasan mahasiswa untuk ber-KKN.

Sesuai dengan tema tersebut, kelompok kelas karyawan KKN desa sekarbanyu yang telah didelegasikan selepas melakukan observasi memperoleh beberapa data potensial yang dimiliki desa untuk dikembangkan serta bisa bermanfaat bagi ekonomi masyarakat desa sekarbanyu. 

Ditemani Dosen Pembimbing Lapangan Dr. cicilia ika rahayunita, M.Pd, saat penyerahan kelompok kelas karyawan PGSD di desa sekarbanyu. " saya harap kelompok kelas karyawan PGSD untuk kedepannya dapat membangun potensi di desa sekarbanyu ini serta dapat menyumbangkan tenaga dan pikiran bagi masyarakat untuk kegiatan yang positif  bagi desa sekarbanyu, selalu menjaga tata karma dan etika selama 1 bulan melakukan KKN. Karena kita di desa ini sebagai pendatang baru, maka merupakan hal yang sewajarnya untuk tahu tentang aturan dan menyesuaikan dengan warga sekitar."

KKN kelompok kelas karyawan PGSD melihat beberapa potensi yang dimiliki desa sekarbanyu, menurut pak samsuji selaku kepala desa yang menjabat. " harapannya untuk desa sekarbanyu ini nantinya bisa mengembangkan produk dari hasil bumi. Yang mana untuk kemaslahatan masyarakat desa sekarbanyu dan adanya UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) yang diperdayakan untuk dapat membantu perekonomian.

Semoga kehadiran mahasiswa universitas PGRI kanjuruhan malang untuk KKN di desa sekarbanyu bisa menjebatani harapan tersebut yang akan berkelanjutan manfaatnya untuk waktu jangka panjang.                       

Dalam hal ini, produk dari hasil bumi desa sekarbanyu berupa pisang. Dan kelompok kami bersama para ibu-ibu PKK desa sekarbanyu untuk mengadakan pelatihan pengolahan pisang sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian para ibu-ibu PKK desa sekarbanyu kecamatan sumbermanjing wetan serta penggunaan aplikasi media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagaimana untuk mengembangkan usaha.

Melalui pelatihan yang memberikan pemahaman dan keterampilan pengolahan pisang menjadi kue bolu pisang serta penggunaan aplikasi media sosial kepada para ibu-ibu PKK di desa sekarbanyu diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mereka untuk mempermudah memanfaatkan hasil bumi dan mengolahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai tinggi.

Dari kegiatan Pengabdian pada Masyarakat melalui kuliah kerja nyata Universitas Kanjuruhan Malang prodi PGSD 2022 dapat dihasilkan luaran tambahan berupa:

 1. Pemahaman tentang manfaat mengolah hasil bumi berupa pisang yang ada di desa sekarbanyu kecamatan sumbermanjing wetan khususnya bagi kaum ibu-ibu PKK desa sekarbanyu kec. Sumbermanjing wetan agar bisa meningkatkan ketrampilan dan kemandirian.

2. Harapan agar pelatihan bagi ibu-ibu PKK di desa sekarbanyu kec. sumbermaningwetan dapat berkesinambungan dan dilanjutkan ke tahapan berikutnya yang berupa pelatihan memasarkan  dengan materi berupa teknologi internet.

3. Harapan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan atau demo memasak agar kaum ibu-ibu PKK desa sekarbanyu kec. Sumbermanjing wetan dapat mandiri membuka usaha serta mengembangkan usahanya tersebut ke daerah yang lebih luas lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline