Lihat ke Halaman Asli

Merebaknya Mini Market di Pedesaan

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Merebaknya toko-tokomoderen yang berupa mini market ke desa-desa memang ada baiknya. Menjadikan orang desa dekat dengan kebutuhan yang mereka butuhkan untuk keperluan rumah tangga.

Tetapi apakah ini memang bermanfaat untuk warga masyarakat?.

Banyaknya toko kecil yang didirikan oleh masyarakat kecil di desa-desa yang hanya mengandalkan modal yang tidak begitu besar , masyarakat desa kebanyakan hanya dapat membuat toko-toko yang sederhana untuk memenuhi kebutuhan sekitar dengan modal yang seadanya pula. Banyaknya toko kecil yang berdidri dimasyarakat menimbulkan lapangan kerja mandiri baru yang dibuat oleh masyarakat sendiri.

Tetapi dengan sekarang merebaknya mini market yang dengan fasilitas yang lebih bagus dari pada toko sederhana yang masyarakat menengah kebawah buat kini menjadikan mereka kalah saing baik dalam segi modal maupun dalam segi kualitas tempat. Mini market yang dibuat dengan modal yang tidak kecil hanya dapat dijangkau oleh masyarakat menengah keatas dalam mendirikan usahanya.

Fasilitas yang lebih bagus membuat para konsumen menjadi beralih dari toko sederhana ke mini market Tetapi bukankah ini memperkecil celah usaha kecil yang dimiliki oleh masyarakat kecil dengan modal yang kecil untuk bersaing?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline