Lihat ke Halaman Asli

Kesiapan Warga Indonesia dalam Menghadapi AFTA

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

a

AFTA (ASEAN Free Trade Area ) yang semakin dekat 2015 akan menjadikan Indonesia ikut dalam persaingan pasar bebas yang sebenarnya di ASEAN. Dengan adanya AFTA ini memang banyak manfaatnya untuk bangsa ini.

Tetapi persaingan global yang semakin tajam ini membuat kawatir beberapa pihak seperti para produsen kecil yang mempunyai modal yang kecil pula untuk bersaing pada skala internasional. Para Produsen ataupun pengusaha kecil mungkin akan mendapatkan dampak yang lumayan besar dengan adanya AFTA 2015. Memang benar denagan adanya persaingan akan meningkatkan kualitas dari para pengusaha kita. Tapi sudah siapkah kita menghadapi AFTA 2015?.

Menenggok kesiapan warga indonesia dalam menghadapi afta 2015 dalam berbagai segi. Mungkin bukan hanya para pengusaha yang akan mendapatkan beberapa tantangan baru dalam menghadapi AFTA 2015. Dengan adanya AFTA otomatis banyak orang asing yang masuk untuk ikut mengadu nasib di negara kita, dengan adanya banyak orang asing yang akan ikut mengadu nasib di negara kita apakah kita sudah siap untuk bersaing di kemudaian hari?.

AFTA memang sudah tidak dapat dihindarkan lagi tetapi kita juga tidak harus hanya menuggu waktu tetapi kita juga harus berlari untuk menghadapi persaingan yang akan semakin berat di kemudaian hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline