Lihat ke Halaman Asli

Memahami Suatu Realitas Kehidupan

Diperbarui: 23 April 2024   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kehidupan yang kita jalani ibarat suatu roda yang berputar dia akan terus bergerak berdinamika menemukan suatu hal yang dapat membangkitkan suatu asa yang berarti untuk kehidupannya. Proses perputaran itu kadang memberikan suatu kesan yang kurang menyenangkan bagi sebagaian manusia yang menjalaninya.

Realitas kehidupan menuntun kita untuk membangun diri menuju suatu kesempurnaan hidup. Menuju kesempurnaan hidup itu ada fase atau tahap yang harus dilewatinya kadang setiap fase yang kita lewati memiliki aspek tersendiri. Sangat penting bagi kita untuk mensikapi setiap fase dalam turbulensi kehidupan yang kita rasakan.

Realitas kehidupan adalah cermin dari pikiran, kata-kata, dan tindakan kita. Hidup adalah perjalanan yang menuntun kita menuju pengertian yang lebih dalam tentang realitas diri dan dunia. Realitas kehidupan adalah perpaduan antara mimpi dan kenyataan yang membentuk kisah kita. Di dalamnya banyak warna warni yang kadang kita tak dapat memahami terhadap apa yang sudah kita kerjakan. Karena warna itu diri kita sendiri yang mampu menunjukkan dimana keberadaan proses perjalanan hidup.

Ungkapan "realitas sosial" merupakan gabungan dari kata "realitas" dan "sosial". Secara etimologi kedua kata ini berasal dari bahasa Inggris, "reality" yang berarti realitas, kenyataan atau dalam kenyataan dan "social" memiliki arti pertemuan silaturrahmi, ramah tamah, senang sekali bergaul. Menurut Soerjono Soekanto, ilmu-ilmu sosial adalah ilmu yang memilih masyarakat atau kehidupan bersama sebagai objek yang dipelajari. Realitas sosial adalah kenyataan kehidupan sosial masyarakat. Realitas sosial juga merupakan suatu peristiwa yang memang benar terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dan manusia dikatakan sebagai makhluk sosial dikarenakan pada diri manusia ada dorongan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain. Ada kebutuhan sosial (social need) dengan orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk mencari kawan atau teman. Kebutuhan untuk berteman dengan orang lain seringkali didasari atas kesamaan ciri atau kepentingan masing-masing. Misalnya, orang kaya cenderung berteman dengan orang kaya. Orang yang berprofesi sebagai artis, cenderung untuk mencari teman sesama artis. Dengan demikian akan terbentuk kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat yang didasari oleh kesamaan ciri atau kepentingan.

Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena beberapa alasan, yaitu: 1. Manusia tunduk pada aturan (norma sosial) yang mereka ciptakan dan sepakati sendiri. 2. Prilaku manusia mengharapkan suatu penilaian dari orang lain, bukan penilaian diri sendiri. 3. Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. 4. Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah kelompok masyarakat. 5. Manusia sebagai makhluk yang berhubungan dengan lingkungan hidup di sekitarnya  

Proses kehidupan yang sudah kita lakukan merupakan hal yang sifatnya suatu keharusan jika ada sesuatu yang ingin berubah dalam fase kehidupan. Perubahan itu sautu fakta yang dapat membangun kesadaran diri secara erat dalam mengembangkan sikap kebaikan. Jika mengacu kepada ajaran Islam, maka dalam beberapa ayat Alquran disebutkan bahwa beragama itu merupakan fitrah manusia. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. Ar- Rum: "Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. Dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah". 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline