Lihat ke Halaman Asli

APKS PB PGRI Gelar Tadarus Edukatif Tahun 2024

Diperbarui: 16 Maret 2024   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tangkapan layar Channel Youtube Pengurus Besar PGRI


                                                                     Silahkan Di Lihat Youtobe PB PGRI

Pada tahun ini Dewan Eksekutif Asosiasi Profesi Keahlian Sejenis PB PGRI kembali mengadakan giat serial webinar yang dinamai Tadarus Edukatif tahun 2024. Giat ini dilakukan pada bulan Suci Ramadhan tahun 2024 yang merupakan rangkaian dimana mencari titian ilmu yang bermanfaat untuk para guru sekaligus ajang silaturahim para guru se Indonesia melalui media daring.

Kebetulan rangkain kegiatan ini ketika bapak ibu guru yang beragama Islam menunaikan Ibadah Shaum Ramadhan sebagai rangkaian mencari ilmu serta pahala dalam kegiatan ibadah di bulan suci dengan kegiatan yang bermanfaat. Biasanya untuk kaum muslimin istilah Tadarus ini untuk membaca Al Quran hal ini terkait dengan  sebuah hal yang dapat memberikan kita pahala. Selain itu, membaca Al-Qur'an juga menjadi sebuah penuntun kita baik di dunia maupun di akhirat kelak. Tadarus juga dimaknai sebagai ibadah kepada Allah dan memperdalam pemahaman terhadap ajaran Al-Qur'an. Beberapa keutamaan tadarus di antaranya mendapatkan kebaikan di sisi Allah Swt., mendapatkan rezeki yang berkah, memperoleh ketenangan hati dan jiwa, dan sebagai sumber ilmu. 

Akan tetapi APKS PB PGRI memaknai lebih bersifat hal yang umum dan substansif terhadap pengembangan kompetensi guru agar para guru dapat belajar kembali untuk memperdalam keilmuan dan kompetensi yang telah didapatkannya serta mengupgrading pengetahuan kekinian terkail ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat. Guru harus mau belajar lebih lanjut dalam memperbaiki sistem pembelajaran dan pengajarannya di dalam kelas serta membangun sekolah yang unggul dan maju.

Tahun 2024 ini direncanakan dari tanggal 16 Maret 2024 hingga 30 April 2024 dengan Tema " Paradigma Pendidikan Dan Sekolah Masa Depan Di Era Digital". Di rencanakan ada 9 seri webinar dalam tadarus edukatif tahun 2024 ini. Hal ini disampaikan oleh Kapten Panitia Pelaksana Dudi Wahyudi, M.Pd.

Dalam seri 1 kali ini hadir beberapa narasumber yang kompeten di bidang keilmuan dan pendidikan. Pada seri 1 Tadarus Edukatif yang dilakukan pada sore hari tanggal 16 Maret 2024 dengan tema "Masa Depan Pendidikan, Tata Kelola Sekolah Berbasis Digital dan Peran Strategis PGRI". Hadir sebagai nara sumber yaitu Prof.Dr. Supardi, Prof.Dr. Eko Indrajit dan Dr Agus Rohiman, M.Pd, Dr. Sumardiansyah.

Peserta yang hadir terpantau lewat zoom yakni ada 1000 orang guru dan yang hadir melalui youtobe 1000 orang guru. Hal ini terpantau lewat presensi kegiatan yang diberikan oleh panitia 15 menit menjelang penutupan. Antusias para guru untuk belajar perlu diapresiasi yang setinggi-tingginya dalam rangka membangun kompetensi profesi yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran.

Sesi 1 kali ini di moderator oleh Kapten panitia pelaksana webinar Dudi Wahyudi, M.Pd selaku pengurus  PB PGRI. Sambutan yang cukup memukau dari Ketua Dewan Eksekutif APKS PB PGRI yang saat ini menjabat Sekretaris Jendral PB PGRI yakni Dudung Abdul Qodir, M.Pd. Beliau mengatakan bahwa APKS hadir dengan semangat untuk berbagi dan berkhidmat melayani para guru yang ingin mengembangkan kompetensinya serta untuk belajar sepanjang hayat. Hal itu merupakan cita-cita dari berdirinya APKS yang merupakan salah satu lembaga di bawah PB PGRI.

Tampil impresif sang Kapten panitia pelaksana Dudi Wahyudi, M.Pd yang memandu jalannya giat seri 1 "Tadarus Edukatif". Termin pertama tampil yakni Prof.Dr.Supardi yang memberikan materi terkait dengan proses pembelajaran dengan 6 C nya yakni keenam kecakapan abad ke-21 kemudian dikenal dengan istilah 6C, yakni character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi).

Tangkapan layar Channel Youtube Pengurus Besar PGRI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline