Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Penilaian Diri Siswa

Diperbarui: 6 Oktober 2023   08:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

  • Hakikat Hasil Belajar Ekonomi

Untuk melihat hasil belajar dilakukan suatu penilaian terhadap siswa yang bertujuan untuk mengetahui apakah siswa telah menguasai suatu materi atau belum. Penilaian merupakan upaya sistematis yang dikembangkan oleh suatu institusi pendidikan yang ditujukan untuk menjamin tercapainya kualitas proses pendidikan serta kualitas kemampuan peserta didik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Hasil belajar dapat dilihat dari hasil nilai ulangan harian (formatif), nilai ulangan tengah semester (Sub sumatif), dan nilai ulangan semester (sumatif). Ulangan harian dilakukan setiap selesai proses pembelajaran dalam satuan bahasan atau kompetensi tertentu. Ulangan harian ini terdiri dari seperangkat soal yang harus dijawab para peserta didik, dan tugas-tugas terstruktur yang berkaitan dengan konsep yang sedang dibahas. Ulangan harian minimal dilakukan tiga kali dalam setiap semester.

Setelah diketahui tercapai/tidaknya tujuan-tujuan indikator-indikator dari tiap kompetensi dasar, maka dapat diambil kebijakan untuk perbaikan atau penyempurnaan pengajaran. Dengan demikian, hasil penilaian tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui tingkat ketuntasan suatu indikator dari kompetensi dasar, tetapi juga perubahan tingkah laku, dan sebagai umpan balik bagi upaya memperbaiki proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, penilaian hasil dan proses belajar saling berkaitan satu sama lain, sebab hasil merupakan akibat dari proses.

  • Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti menyusun perumusan masalah sebagai berikut: "Apakah hasil belajar Ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 35 Jakarta dapat ditingkatkan melalui Penilaian Diri ?"

  •  Tujuan Penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk:

Menemukan penilaian yang paling tepat untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi.

Membuktikan secara empiris apakah penggunaaan Penilaian Diri dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi SMA kelas XII IPS.

Hakikat Penilaian Diri

Penilaian diri adalah suatu teknik penilaian dimana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status, proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya. Teknik penilaian diri dapat digunakan untuk mengukur kompetensi kognitif, afektif, dan sosial

Keuntungan penilaian diri di kelas antara lain:

  • dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik, karena mereka diberi kepercayaan untuk menilai dirinya sendiri;
  • peserta didik menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya, karena ketika mereka melakukan penilaian, harus melakukan introspeksi terhadap kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya;
  • dapat mendorong, membiasakan, dan melatih peserta didik untuk berbuat jujur, karena mereka dituntut untuk jujur dan objektif dalam melakukan penilaian.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline