Pelatihan hari ke tiga kegiatan Peningkatan Kompetensi Teknis Pendidik SMA Penguatan dan Pemahaman Kurikulum Prototipe (Tahun 2022) yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan (P4) ditandai dengan suasana yang mendung bertanda akan turun hujan di sekitar SMAN 25 Jl AM Sangaji Jakarta Pusat. Sebelumnya saya masuk kelas terlebih dahulu untuk mendampingi tadarus peserta didik sebagai muatan pendidikan karakter dan memberikan materi pembelajaran dengan muatan pemberian tugas.
Tepat pukul 07.45 Ruang zoom sudah dibuka oleh panitia dari P4KPTK Jakarta Pusat dan pemberitahuan diberikan lewat group Whatapp untuk para peserta pelatihan memasuki ruang zoom. Saya mengikuti pelatihan ini berdua dengan teman guru lainnya, kami memilih tempat ruang perpustakaan sebagai tempat mengikuti zoom selama pelatihan hingga hari Jumat nanti. Memilih perpustakaan karena memang tempatnya yang nyaman dan sarana wifi mendukung selama pelatihan.
Narasumber pun sudah menanti di dalam ruang zoom dan menyapa para bapak ibu guru peserta pelatihan dari seluruh SMA/SMK se Jakarta Pusat. Narasumber masih sama seperti selasa kemarin yaitu pak Achmad Fikri Setiadi dari Read Education dan materinya pun masih melanjutkan yang kemarin tentang konten pembelajaran yang bernama "genial.ly".
Ketika kemarin kami diajarkan bagaimana membuka konten genial.ly pertama kali sampai dengan tahap yang ke empat. Setelah itu kami membuat tugas seperti yang diminta narasumber kemudian tugas itu dimasukkan dalam google clasrrom. Sambil narasumber menjelaskan saya sebagai peserta memperhatikan dengan seksama proses pembuatan dari konten yang bernama genial.ly. Konten ini saya perhatikan hampir sama dengan PPT, Canva, bahkan cara membuat pun hampir sama. Cuma fitur dan templete saja yang sedikit membedakan karena untuk templete sudah disediakan secara langsung dalam genial.ly tinggal para pengguna memilih sesuai dengan bentuk yang disukainya.
Dalam membuat konten genial.ly awal mulanya kami diarahkan untuk membuka situs yang sudah terdapat dalam mesin pencaharian google yaitu https://genial.ly/. Tahap pertama kami diarahkan untuk membuka situs terlebih dahulu dengan login sesuai dengan pilihan yang tersedia. Saya memilih akun google untuk membuka genial.ly setelah itu diarahkan mengklik profile sekaligus mengisi dan melengkapi data sesuai dengan yang diminta dalam konten genial.ly. Kedua setelah masuk kami diminta untuk menunjukkan identitas diri dan terdapat pilihan untuk apa Anda menggunakan Genially dengan tiga jawaban yaitu perusahaan, trainning atau instusi. Ketiga kami memilih program yang gratis dalam membuat konten genial.ly tentunya ada juga yang premium atau bayar. Setelah itu menu creation terdapat empat pilihan yaitu membuat konten pelatihan,gamifikasi dan tinjau pembelajaran, mengembangkan inisiatif dan kampanye, membuat dokumen perusahaan. Kemudian memilih yang akan kita buat dengan Genially dengan berbagai menu pilihan telusuri templat Presentasi, membuat Infografis, membuat Gamifikasi, membuat Gambar interaktif , membuat Presentasi video, membuat Memandu, membuat Materi pelatihan, membuat Lagi, dan membuat Penciptaan kosong. Keempat Setelah dipilih dari menu untuk apa membuat genealy kita masuk membuat konten materinya. Kelima membuat konten geneal.ly mulai seperti membuat power point dan sejenisnya. Membuat tempat presentasi pembelajaran dari awal hingga akhir dengan memasukkan unsur teks,audio, video.
Dihari kedua kemarin kami membuat empat tempat presentasi dari membuat hal judul,hal profile,hal materi, halaman refleksi, halaman soal penugasan. Terkait presentasi sesuai dengan proses keinginan untuk apa kita membuatnya seperti kita membuat PPT. Di hari ketiga kami berlatih bagaimana memasukkan teks, memasukkan audio dan memasukkan video.
Di saat kami mendengarkan materi dan sambil berlatih membuat konten geneal.ly suasana sedang hujan deras di tempat kami berada. Sehingga sedikit error dalam kami mengikuti pelatihan dan terkendala koneksi jaringan internet yang lambat. Kami pun hanya dapat mendengar dan memperhatikan narasumber berbicara dan tidak bisa sambil berlatih. Paling tidak kami hanya mengingat bagaimana langkah membuat geneal.ly.
Dalam membuat media presentasi dalam geneal.ly pilih menu halaman tempat untuk presentasi hal yang pertama tentunya halaman cover, kedua profile, ketiga halaman materi pembelajaran, keempat penugasan, kelima refleksi.. Dalam hal ini geneal.ly yang kami buat sebagai media pembelajaran.
Dalam membuat materi pembelajaran saya mempertimbangkan berapa kali pertemuan dalam kegiatan pembelajaran dan konten apa saja yang akan kami sajikan. Dalam pelatihan ini kami membuat teks, video dan audio tentunya menu itu sudah terdapat dalam genial.ly. Pertama membuat teks kami diarahkan untuk memilih menu pilihan yang tersedia dan kami pilih sesuai pilihan yang tersedia. Tentunya kami pilih teks yang ada gambarnya sehingga nantinya siswa dapat memahami antara teks dan gambar. Kedua audio dengan langkah yang sama tapi bedanya kami memilih menu yang ada di sebelah kiri dalam memilih menu insert setelah itu pilih audio kemudia merekam suara setelah itu klik seret ke halaman audio. Ketiga memilih video dengan langkah memilih halaman yang bertuliskan video kemudian klik konten halamannya nanti akan muncul garis tiga setelah masukkan video youtobe yang ada sesuai materi.
Kami pun belajar dihari ketiga membuat halaman presentasi dengan tiga konten yang berbeda. Tentunya kami mengklik halaman baru yang bertuliskan blank kemudian memilih background serta memilih menu dari simbol youtobe, teks, dan audio semua menu itu terdapat dalam interaktif element. Simbol kami pilih setelah itu dari masing-masing simbol kami klik dalam garis menu add interkasi yang ada ditengah setelah memilih simbol windows kemudia masukkan teks dan berikan nama. Langkah selanjutnya sama dengan yang pertama.
Begitulah catatan dalam proses beajar pada hari ini yang penuh dengan warna dan warni. Dukungan jaringan dan paket data yang memadai menjadi hal yang sangat penting dalam model pelatihan daring.Kadang telat dalam memahami ketika jaringan sedang dalam kondisi tidak stabil.