Lihat ke Halaman Asli

Sejarah dan Manfaat Century Egg

Diperbarui: 27 September 2022   09:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: onolicioushawaii.com

Century egg atau yang dikenal dengan telur bitan, telur abadi, dan telur seribu tahun (one thousand years egg) ialah  makanan khas  berasal dari Thionghoa yang dibuat dari telur bebek, ayam, ataupun telur puyuh. 

Mengapa sentury egg disebut dengan telur abadi ? Karena pembuaatan sentury egg ini membutuhkan waktu yang cukup lama dengan memakan waktu berminggu-mingu hingga berbulan-bulan.

Sentury egg bisa juga disebut dengan telur asin versi orang china, akan tetapi ada juga beberapa kepercayaan yang mempercayai bahwa sentury egg terbuat dari kencing kuda, pernyataan tersebut tersebut tidak benar karena apa? 

Karena ph yang dimiliki oleh kencing kuda tidak dapat untuk pembuatan sentury egg, ph yang dibutuhkan dalam pembuatan sentury egg membutuhkan ph sekitar 9-12 yang didapat dari penggunaan kalsium oksidasi dan abu kayu, sedangkan ph yang dimiliki oleh kencing kuda sekitar 7,5 -- 7,9 ph.

Century egg terdapat sejak jaman Dinasti Ming di Hunan China sekitar tahun 1640 akan tetapi ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa sentury egg ditemukan sekitar 600 tahun yang lalu, penemu sentury egg ini ialah seorang warga yang berasal dari Hunan.

Seorang warna ini menemukan sebutir telur bebek didalam kolam kecil yang mengndung kalsium Hidroksida(Ca(OH)2) atau biasanya kita sebut dengan kapur yang digunakan untuk bahan adukan pembuatan rumah dengan dimana kondisi telur tersebut talah terlapisi oleh lumpur dengan waktu yang cukup lama berada didalam kolam tersebut.

Karena penasaran alhasil warga yang berasal dari Hunan itu memberanikan diri untuk membuka cangkang kulit telur tersebut, alhasil warga tersebut mencoba memakan telur tersebut dan menurutnya rasa dari telur tersebut cukup enak, dan warga tersebut memutuskan untuk membuat lebih banyak dengan menambahkan garam untuk menambah cita rasanya dan dari legend tersebut banyak orang yang mencoba memakan sentury egg hingga sekarang.

Orang China juga mempercayai bahwasannya rasa sentury egg ialah lezat maka dari itu banyak orang di China yang memodifikasi sentury egg, banyak orang yang mempercayai legenda tersebut dan orang di China memodifikasi sentury egg dengan cara merendam telur tersebut didalam air garam yang telah dicampuri oleh abu dan sekam padi dalam kondisi telur tersebut mentah.

Lalu telur tersebut dilapisi dengan sekam dan dibiarkan selama 3 -5 minggu bahakan ada yang dibiarkan selama berbulan bulan.

Ciri khas dari sentury egg ialah warna nya hitam pekat yang mendominasi, tekstur dari sentury egg yang biasanya berwarna putih teksturnya seperti jelly dan berwarna hitam pekat dan kuning telur berwarna hijau gelap dengan tekstur creamy seperti keju dengan bau belerang dan amonia dengan sedikit rasa asin akan tetapi tidak seasin seperti telur asin. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline