Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Universitas Andalas Mengadakan Sosialisasi Stunting di Nagari Aia Gadang

Diperbarui: 25 Agustus 2023   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Universitas Andalas. dokpri

Kamis (10/08/2023) Mahasiswa KKN Universitas Andalas yang dibantu oleh ibu-ibu Puskesmas Aia Gadang  mengadakan sosialisasi Stunting terhadap 25 orang tua balita dan beberapa ibu Hamil di posyandu Jorong Labuah Luruih Nagari Aia Gadang Barat. Sosialisasi Stunting ini bertujuan agar masyarakat Aia Gadang bisa mencegah dan mengurangi tingkat terjadinya kasus stunting pada anak-anak.
Sosialisasi ini sangat penting dilakukan mengingat angka stunting yang tinggi di Nagari Aia Gadang. Di Nagari Aia Gadang sendiri kasus stunting yang tinggi banyak terjadi di Nagari Aia Gadang Barat dan timur.
Kepala Puskesmas Yenni Marlis, S.K.M. Mengatakan bahwa  kasus stunting banyak terjadi di Nagari Aia Gadang dan yang paling banyak terjadi kasus ini adalah di Nagari Aia Gadang Barat dan Nagari Aia gadang Timur. Karna keterbatasan tempat dalam melakukan sosialisasi maka Mahasiswa KKN Universitas Andalas melakukan Sosialisasi Stunting di 3 tempat berbeda, yakni di Aia Gadang Barat, Aia Gadang Timur, dan Aia Gadang Pusat, dan waktu pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan beberapa hari.

Sosialisasi  stunting ini difokuskan kepada ibu hamil, ibu menyusui dan ibu-ibu yang memiliki anak balita yang datang ke posyandu. Sosialisasi stunting ini dilakukan mahasiswa KKN dengan cara memaparkan berbagai informasi kepada ibu-ibu yang datang keposyandu tentang stunting, seperti apa itu stunting?, gejala stunting, dampak stunting, penyebab stunting, cara pencegahan stunting, serta makanan apa saja yang penting dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilan agar anak terhindar dari stunting.

Selama pelaksanaan sosialisasi tentang bahaya, dampak, serta pencegahan stunting ini peserta terutama ibu hamil dan ibu yang memiliki anak usia balita tampak sangat antusias memperhatikan  pemaparan yang disampaikan oleh mahasiswa KKN.  

Selain melakukan sosialisasi tentang Stunting mahasiswa KKN Universitas Andalas juga membantu ibu-ibu posyandu dalam kegiatan hari itu, seperti membantu menimbang berat bayi, mengukur panjang bayi dan lainnya. Kegiatan sosialisasi ditutup dengan pemberian Leafleat tentang stunting kepada para peserta posyandu yang hadir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline