Lihat ke Halaman Asli

Telekomunikasi dan Jaringan

Diperbarui: 18 April 2016   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Telekomunikasi adalah cara pengiriman atau penyampaian informasi dari satu tempat ketempat lain atau komunikasi jarak jauh. dimana telekomunikasi dibagi menjadi 2:

1. komunikasi satu arah : adalah dimana komunikasi tidak dapat berkomunikasi melalui media yang sama. Contoh: radio.

2. komunikasi dua arah: adalah dimana dapat berkomunikasi melalui media yang sama. contoh: telepon.

Untuk melakukan telekomunikasi ada beberapa komponen dasar seperti, informasi sebagai data yang dikirim atau diterima. Telekomunikasi juga dapat disebut sebagai pertukaran informasi berupa bentuk seperti, suara, data, teks, gambar dan video. 

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan secara bersama-sama untuk tujuan sharing data dan peralatan. Atau secara lebih rincinya, jaringan komputer adalah sekumpulan dari beberapa komputer dihubungkan secara elektronik yang bermakna bahwa komputer dapat 'berkomunikasi' antara satu sama lain dan masing-masing komputer dalam jaringan dapat mengirim informasi lainnya. Adapun macam jaringan komputer dilihat dari beberapa segi:

1. Jaringan komputer dari segi Media Tranmisi 

    a. Wired/Jaringan kabel adalah jaringan komputer konvensional menggunakan media kabel.

    b. Wireless/Nirkabel adalah jaringan komputer dengan media transfer data tanpa kabel.

2. Jaringan komputer dari segi Jangkauan

    a. LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang terbatas pada wilayah geografis yang sempit, dan jaringan LAN bisa menghubungkan sedikitnya tiga komputer, seperti bangunan tunggal atau gedung. jaringan LAN adalah jenis yang paling umum dari jaringan data, dikarenakan LAN melayani area lokal instalasi khas dipabrik-pabrik, gedung perkantoran, kampus atau universitas. Manfaat dari Jaringan Komputer LAN adalah dapat berbagi sumber daya komputer dalam suatu organisasi yang sangat memungkinkan, dan dapat digunakan sebagai akses.

     b. WAN (Wide Area Networks) adalah jaringan komputer area luas yang menggabungkan beberapa LAN yang terpisah secara geografis. Jaringan WAN adalah jaringan yang mencakup area geografis yang luas, dan menggunakan sirkuit komunikasi untuk menghubungkannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline