Lihat ke Halaman Asli

Kebijakan Kurikulum Prototipe pada Tahun 2022, Jurusan IPA IPS dan Bahasa di SMA Dihapus

Diperbarui: 3 Januari 2022   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: google

Oleh: Indah Sari Hasibuan (11970524667)

Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa di jenjang pendidikan Sekolah menengah Atas (SMA) bakal dihapus pada saat kurikulum prototipe tahun 2022. 

Dengan dihapusnya jurusan tersebut  siswa lebih fleksibel dalam memilih mata pelajaran yang sesuai dengan passion dan kariernya di masa mendatang.

Kepala Badan Standar Kurikulum Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo atau yang biasa disapa Nino tersebut melalui Instagram resminya @ninoaditomo memberikan penjelasan tentang kurikulum prototipe tahun 2022 ini. 

Ia berkata nantinya peserta didik diberikan kebebasan untuk memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat dan aspirasi pelajar. Kemudian evaluasi hasil belajar siswa adalah kewenangan guru. Kelulusan juga kewenangan guru dan sekolah.

Walaupun sudah tidak ada lagi pemilihan jurusan, siswa tetap harus mengambil mata pelajaran wajib yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Seni Musik, Penjaskes dan Sejarah baru kemudian ditambah mata pelajaran pilihan.

Saat ini kurikulum prototipe sedang diterapkan secara terbatas di 2500-an sekolah di Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak. Mungkin masih sedikit yang diketahui oleh publik bahwasanya sekolah-sekolah peserta program ini mencerminkan keragaman yang ada di sistem pendidikan Indonesia.

Karakteristik Kurikulum di Jenjang SMA

1. Program peminatan/penjurusan tidak diberlakukan

2. Di kelas 10 pelajar menyiapkan diri untuk menentukan pilihan mata pelajaran di kelas 11. Mata pelajaran yang dipelajari serupa dengan di SMP.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline