Lihat ke Halaman Asli

Kenali Pentingnya Character Building

Diperbarui: 13 Agustus 2023   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini banyak pelajar ataupun remaja yang mengalami krisis karakter. Mereka biasanya bertindak dan bersikap sesuai dengan kemauan sendiri. Tak jarang mereka melakukan hal hal diluar nalar yang dapat membahayakan keselamatan orang lain maupun keselamatan diri sendiri. Hal hal tersebut terjadi karena adanya krisis pengembangan karakter pada diri masing-masing individu. Mereka kurang mengenali diri sendiri sehingga melakukan hal hal sesuka hati mereka. Dengan adanya hal tersebut maka dibutuhkan pengembangan karakter atau character building untuk menanggulangi masalah tersebut.

Character building adalah sikap penanggulangan yang tepat untuk permasalahan remaja pada masa kini. Character building atau pengembangan karakter merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, membimbing, dan mengajarkan mengenai proses proses untuk membentuk watak, kejiwaan, karakter, dan kepribadian bagi manusia atau masyarakat sehingga dapat bertindak sesuai dengan norma dan tidak melanggar peraturan. Character building dapat dilakukan bagi setiap individu karena sangat bermanfaat bagi dirinya.

Character building sangat penting bagi setiap manusia. Pentingnya character building bagi manusia atau masyarakat yaitu dengan character building setiap individu dapat bertindak sesuai dengan norma yang ada.

Pentingnya dari character building adalah :

  • Membentuk etika. Character building mampu membentuk etika yang baik. Dengan pengembangan karakter pada diri manusia, maka akan terbentuk pula kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat menumbuhkan etika yang baik.
  • Mengembangkan empati. Empati sangat diperlukan bagi keberlangsungan kehidupan. Dengan adanya character building atau pengembangan karakter yang dilakukan secara bersama dan besosialisasi dengan banyak orang, maka secara otomatis akan dapat mengembangan empati bagi setiap individu. Melihat perbedaan pada setiap individu dan mengajarkan ajaran pengembangan karakter yang baik dapat mendorong diri untuk melihat lebih jauh tentang kondisi orang lain sehingga lebih bisa memahami perspektif orang lain.
  • Mengatasi konflik. Konflik sering terjadi pada setiap individu yang krisis karakter. Dengan adanya character building maka akan dapat lebih mengenali diri sendiri dan paham akan kondisi diri sendiri. Memberikan ajaran pengembangan karakter dapat meningkatkan kualitas diri untuk mengontorol emosi sehingga dapat mengatasi konflik di berbagai keadaan.
  • Meningkatkan kepemimpinan. Character building dapat membuat sesesorang dapat melatih jiwa kepemimpinannya. Character building mengajarkan mengenai bagaimana cara menghadapi masalah di sebuah komunitas sehingga dapat membentuk jiwa kepemimpinan bagi setiap individu.
  • Menambah percaya diri. Character building dapat membuat seseorang lebih percaya diri. Dengan adanya pengembangan karakter, kita bisa mengenali potensi yang dimiliki. Adanya potensi itu membuat setiap individu untuk bisa percaya diri dengan adanya kemampuan yang dimilikinya.

Character building perlu dilakukan denga konsisten untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter yang baik melalui character building.

  • Mencoba mengenali potensi diri sendiri. Mulailah mencoba untuk mengenali potensi diri sendiri. Mulai menyadari apa kemampuan yang ada dalam diri. Dengan mengetahui bagaimana potensi diri, itu dapat membuat kita lebih bisa mengontrol tindakan tindakan yang negative.
  • Ciptakan empati pada diri. Tumbuhkan empati dalam diri sendiri. Mulailah untuk memahami bagaimana perasaan orang lain dan memahami bagaimana kondisi orang lain. Membayangkan bagaimana jika kita berada pada kondisi orang tersebut.
  • Belajar dari pengalaman. Belajarlah dari pengalaman dan belajarlah dari kesalahan. Jangan takut ambil resiko tetapi takutlah jika kamu tidak pernah mencoba. Belajar dari pengalaman, jangan mengulangi kesalahan yang sama, dan teruslah mengevaluasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.
  • Menerima tanggung jawab. Diberikan suatu tanggung jawab yang besar, itu berarti orang lain percaya pada diri kita bahwa kita itu bisa untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Mulailah untuk bertanggung jawab pada hal hal kecil terutama pada kehidupan sehari hari. Tanpa kita sadari, dengan adanya tanggung jawab dalam diri itu akan dapat membentuk karakter yang baik.
  • Menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Jadilah contoh atau panutan bagi orang lain. Berikan hal-hal positif yang dapat membentuk karakter yang baik dan membentuk kebiasaan yang positif.

Itulah beberapa hal mengenai pentingnya character building dan cara untuk membentuk character building demi mengatasi berbagai kondisi krisis karakter pada saat ini. Teruslah untuk selalu berusaha, berperilaku sesuai dengan karakter yang baik, dan selalu melatih character building. Semoga dengan adanya pengembangan karakter atau character building tersebut dapat membentuk suatu pribadi yang bermanfaat dan menjadi panutan bagi orang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline