Lihat ke Halaman Asli

Indah Rayhana

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Belajar Banyak Hal dari Mas dan Mbak KKN UMY 2021: Bagi-bagi Ilmu dan Tips Mengembangkan Bisnis di Era Digital kepada UMKM Desa Suryatmajan Yogyakarta

Diperbarui: 21 Juni 2024   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram: @kkn.146umy 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan masa yang di tunggu-tunggu oleh para mahasiswa bahkan masyarakat. Hal ini dikarenakan masa KKN adalah masa yang tepat untuk belajar hal baru bagi para mahasiswa maupun masyarakat setempat dimana mahasiswa akan terjun langsung ke masyarakat. Mahasiswa KKN Kelompok 146 berhasil dan sukses memberikan ilmu kepada warga setempat dalam mengembangkan bisnis mereka di era digitalisasi. 

Kelompok KKN 146 dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang ditempatkan di Desa Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta yang terletak tepat dibelakang Malioboro ini berhasil mengadakan sosialiasi dan pelatihan digital marketing dan pengembangan merek untuk para warga yang mempunyai UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan guna membekali para warga dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengakses dan menggunakan platform digital agar bisnis mereka tidak tertinggal di era digital saat ini. 

Di sepanjang jalan Desa Suryatmajan terdapat toko oleh-oleh khas Yogyakarta seperti bakpia, gudeg, batik, dll. 

"Banyak warga disini yang sudah memiliki usaha, tetapi masih kesulitan dalam memasarkannya secara digital" ujar Pak Sartono, ketua RK. 

Dalam sosialiasi sekaligus pelatihan tersebut, para mahasiswa memberikan materi mengenai pengenalan awal mengenai media sosial, cara mengakses aplikasi-aplikasi (Shopee, WhatsApp, Tokopedia, Canva, dan Capcut), cara membuat konten promosi,  dan membuat design untuk packaging, kartu nama serta cara menggunakan QRIS dalam transaksi jual beli. 

Respon warga sangat antusias, mereka merasa sangat terbantu dengan adanya program kerja dari Kelompok KKN 146 UMY. Beberapa diantara mereka bahkan ingin dilatih setiap hari oleh mas dan mbak KKN.  Tidak hanya saat KKN tetapi setelah KKN pun ada beberapa warga yang seringkali berkomunikasi dan berdiskusi mengenai digital marketing melalui WhatsApp dengan mas dan mbak KKN. 

Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok KKN ini mendapat respon positif dari masyarakat Desa Suryatmajan. Beberapa produk UMKM warga Desa Suryatmajan mengalami peningkatan di mana produk-produknya sudah dijual melalui aplikasi online seperti Shopee, Instagram, dan WhatsApp. 

Pelatihan kegiatan digital marketing dan pengembangan merek yang diadakan oleh kelompok KKN di Desa Suryatmajan merupakan langkah yang sangat positif dalam memanfaatkan potensi lokal. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi contoh konkret dari peran mahasiswa dalam berkontribusi langsung kepada masyarakat. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline