Lihat ke Halaman Asli

indah oktavia

Mahasiswa

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Ciptakan Alat Permainan Eduktif (APE), Dorong Interaksi Tanpa Gadget

Diperbarui: 6 Juli 2024   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seminar Melindungi Anak dari Penggunaan Gadget di Pendopo Kec Sukolilo, Surabaya.

Surabaya 28 Juni 2024 - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat peran orang tua melalui program inovatif Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH). Program ini hadir sebagai jawaban atas tantangan pengasuhan di era digital, memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi para orang tua untuk membangun generasi unggul.

Dalam rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengadakan seminar bertema Melindungi Anak dari Penggunaan Gadget sebagai program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Pendopo Kec. Sukolilo, Surabaya. Seminar ini tidak hanya membahas perkembangan teknologi terkini, tetapi juga menawarkan solusi inovatif untuk menghadapi tantangan era digital dalam pengasuhan anak. Para mahasiswa KKN memperkenalkan Alat Permainan Edukatif (APE) 'Kalender Aktivitas Positif Tanpa Gadget', mendemonstrasikan bagaimana inovasi sederhana dapat menjadi alternatif efektif dalam mengurangi ketergantungan anak pada perangkat digital.

Puncak acara seminar ditandai dengan peluncuran 'Kalender Aktivitas Positif Tanpa Gadget', sebuah alat inovatif yang menawarkan alternatif kegiatan sehari penuh dari pagi hingga malam tanpa penggunaan perangkat digital. Kalender ini memandu orang tua untuk melibatkan anak dalam berbagai aktivitas edukatif dan menyenangkan, seperti belajar mengenal warna, mengenal huruf, hingga menikmati quality time bersama keluarga.

APE Kalender Aktivitas Positif Tanpa Gadget

Orang tua yang mengikuti acara ini pun memberikan respon positif, serta antusias. Para orang tua tertarik pada Alat Permainan Edukatif (APE) yang telah dirancang, hal tersebut terlihat dari tanggapan positif dan aktif pada saat pengenalan APE. Dengan inovasi sederhana namun berdampak ini, SOTH dan mahasiswa KKN telah membuka jalan baru dalam upaya menciptakan generasi yang lebih sehat dan cerdas di era digital. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline