Lihat ke Halaman Asli

Untuk Kamu yang Sudah Lulus dan Belum Bekerja

Diperbarui: 12 Agustus 2016   04:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Buat kamu yang sudah lulus tapi belum dapat pekerjaan, jangan khawatir! Karena semua rezeki sudah ada yang mengatur, kok. Mungkin bagi sebagian orang, ada yang terburu-buru untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai pasion-nya maupun gaji yang sesuai dengan targetnya. Tapi kenyataannya skenario tidak sesuai dengan rencana yang indah.

Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seiring menunggu panggilan kerja.

- Event Organizer (EO)

Kamu bisa ikut begabung dengan EO, atau kamu bisa buat acara sosial atau memperingati hari-hari penting dengan membentuk tim bersama teman-temanmu. Dari hal kecil inilah, jika kamu dan timmu bisa membuat planning itu menjadi nyata, kamu bisa mulai cari-cari sponsor. Sponsor ini berguna untuk mendanai acara yang kamu buat dari praproduksi sampai pascaproduksi.

- Volunteer

If you like the learn new think, kamu bisa mencoba daftar sebagai volunteer (relawan) dalam sebuah acara. Ikhlaslah dalam melakukan segala sesuatu pekerjaan, jangan melakukan sesuatu karena nominal uang. Bila kamu pernah mendengar temanmu mendapatkan uang banyak dalam satu hari karena menjadi relawan, kamu jangan tergiur yaaa! Sejatinya, relawan itu tidak dibayar karena ternilai, tapi karena tak bernilai. Di sini selain kamu mendapatkan teman dan pengalaman baru, kamu bisa memperluas relasimu, lho.

- Magang

Dari pada waktumu terbuang percuma, kamu bisa magang di kantor atau tempat kerja yang sesuai pasion-mu kok. Dari magang ini, kamu bisa menambah daftar pengalaman dalam CV kamu. Alih-alih, bila masa magangmu sudah selesai dan pekerjaan yang kamu lakukan diselesaikan dengan baik, bisa jadi kamu ditarik menjadi karyawan di sana. Atau jika ada lowongan, kamu orang pertama yang tau dan bisa mengajukan CV mu lebih dulu.

- Freelancer

Pahami dulu, bidang yang kamu geluti selama ini apa. Atau hobi yang suka kamu lakukan. Nah, bila kamu suka menulis cobalah mencari wadah untuk tempatmu menulis. Sekarang ini kan banyak portal online yang membuka untuk memposting tulisanmu ke khalayak umum. Begitu pun juga dengan fotografer, banyak event-event yang membutuhkan kamu untuk mengambil dokumentasi. Apalagi untuk desain grafis, tahun ini lagi marak-maraknya perusahaan yang membutuhkan kamu untuk mendesain sebuah produk, poster acara ataupun yang lainnya.

Kamu masih mau buang waktu percuma untuk hal-hal yang gak bermanfaat? Yuk mulailah memanfaatkan waktumu, mumpung masih muda, aktif dan kreatiflah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline