Lihat ke Halaman Asli

Indah Nuri

mahasiswa

Bentuk - Bentuk Dakwah

Diperbarui: 30 Juni 2024   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bentuk-Bentuk Dakwah
Oleh: Indah Nuri & Syamsul Yakin
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dakwah memiliki tiga jenis. Pertama berarti dakwah dengan lisan. Dakwah ini disampaikan secara lisan. Ini berkaitan dengan tiga pilar ajaran Islam: akidah, ibadah, dan akhlak. Dai atau penceramah adalah pelaku dakwah billisan. biasanya egois. Mimbar dan panggung biasanya digunakan sebagai media. Saat ini, mereka menggunakan televisi dan radio. Sekarang menggunakan media sosial. seperti YouTube, Instagram, Twitter, dll.

Dalam kebanyakan kasus, mad'u atau objek dakwah billisan berasal dari kelompok atau komunitas. Ada kelompok bapak-bapak, ibu-ibu, dan remaja; ada kelompok pelajar, mahasiswa, karyawan, dan kelompok lainnya. Dakwah bilisan menggunakan berbagai metode. Namun, biasanya dengan ceramah dan diskusi. Ibu-ibu dan bapak-bapak lebih suka cara berbicara. Ini juga berlaku untuk siswa, mahasiswa, dan karyawan perkantoran.

Dakwah billisan memiliki pengaruh yang sangat besar. Ini karena mad'u lebih terbiasa mendengar daripada berbicara. Apalagi jika pembicaranya seperti KH. Zainuddin, MZ, yang mahir dalam retorika. Kedua, dakwah bilhal adalah dakwah yang menekankan pada aksi. Ini mencakup topik seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, bidang, dan sosial. Pelaku dakwah bilhal sering melibatkan masyarakat secara komunal, bukan hanya individu. Pelaku dakwah bilhal dapat melakukannya secara individual, seperti halnya membangun sekolah, rumah sakit, dan lapangan kerja. Menyingkirkan duri di jalan adalah contoh yang paling umum.

Membuat orang menangis menjadi tertawa, membuat orang lapar menjadi kenyang, dan membuat orang bodoh menjadi pandai adalah contoh lain yang lebih penting. Akibatnya, orang yang melakukan dakwah bilhal harus memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Dahkwah bilhal ini lebih efektif daripada dakwah billisan. Metode dakwah bilhal didasarkan pada tindakan praktis di lapangan, bukannya bilhikmah, diskusi, atau ceramah. Aksi seperti "Jumat Berkah" dan "Berbagi Takjil" selama bulan Ramadhan adalah contoh terbaik dari dakwah bilhal. Itu yang luar. Yang lebih permanen dan penting tentu lebih dibutuhkan.

Ketiga, dakwah bilqalam berarti berdakwah dengan cara yang ditulis atau ditulis. Inilah yang sering disebut literasi dakwah dan literasi dakwah. Dari ketiga jenis dakwah ini, dakwah billisan tampaknya yang paling berkembang, diikuti oleh dakwah bilhal dan dakwah bilqalam. Untuk meningkatkan ketiga jenis dakwah ini, berbagai pendekatan, taktik, dan teknik dakwah harus digunakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline