Lihat ke Halaman Asli

Indah Nuri

mahasiswa

Kiat Sukses Dakwah Rasulullah

Diperbarui: 21 April 2024   14:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  

KIAT SUKSES DAKWAH RASULULLAH

Faktor yang menentukan keberhasilan dakwah rasulullah terdapat dua rahasia, yaitu nilai konsitensi dan nilai keteladanan. Nilai konsitensi bahwa Nabi mempunyai sifat yang sellau istiqomah, tetap pada pendiriannya tanpa mengenal putus asa untuk terus berdakwah begitu juga dengan berbagai tantangan yang sering nabi hadapi. Secara empiric nilai konsistensi dan keteladanan dakwah Nabi saw terbaca dalam perilaku dakwahnya yang sangat santun, sejuk, dan istiqomah.

Ada beberapa keefektifan dakwah Rasul, yaitu :

1. Cara Rasul dalam merespon sebuah kemungkaran,  dipandang sebagai yang masih bisa disampaikan dengan cara lemah lembut

2. Dalam melakukan amar ma'ruf nahyi mungkar, beliau selalu memperhatikan akibat yang akan ditimbulkan.

3. Dalam merespon sebuat kejadian beliau tidak pernah bersikap kasar atau mencaci maki seseorang, tapi melainkan lapang dada dan memberi kesempatan untuk memperbaiki diri.

Prosedur gerakan dakwah Nabi saw dari dakwah secara sembunyi -- sembunyi kemudian bergeser kepada terang -- terangan setelah dipandang memiliki kekuatan para pengikut.Nabi tidak lagi sembunyi -- sembunyi untuk mempraktekan keyakinan dan ajaran islam dalam kehidupan. Beberapa langkah dipandang termasuk strategi dakwah nabi saw adalah strategi hijrah, ini ditempuh oleh Nabi saw shingga dua kali yaitu ke Abesenia dan ke Yastrib.

Terdapat empat langkah manajerial rasulullah dalam mengembangkan dakwah di Madinah, yaitu :

A. Membangun Masjid

B. Mempersaudarakan Muhajirin dengan Anshar

C. Menyusun Piagam Madinah

D. Melakukan Korespondesi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline