Lihat ke Halaman Asli

Indah Novita Dewi

TERVERIFIKASI

Hobi menulis dan membaca.

Hal Baik Apa Yang Telah Dilakukan Hari Ini? Mari Berkompetisi dengan Diri Sendiri

Diperbarui: 18 Januari 2024   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menulis pencapaian sekecil apapun tiap hari (Sumber: Pexels/Karolina Grabowska)

Terinspirasi drama korea yang dibintangi Park Bo Young,  Daily Dose Of Sunshine, saya menulis artikel ini.

Daily Dose Of Sunshine menceritakan kehidupan perawat yang bekerja di klinik kejiwaan sebuah rumah sakit. Ia begitu intens merawat pasien-pasiennya sehingga terikat secara emosi. Dan ketika salah satu pasiennya suicide, perawat ini tenggelam dalam penyakit kejiwaannya sendiri.

Saya tidak hendak bercerita mengenai jalan cerita drama tersebut, namun saya lebih fokus pada terapi yang digunakan dokter agar si perawat menjadi berangsur membaik.

Terapi itu adalah menuliskan hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hari itu, sebagai reward dan penyemangat diri. Sebagai cara agar lebih menghargai diri sendiri.

Menurut saya terapi ini sangat baik diterapkan sehari-hari, pada orang yang sehat sekalipun. Mungkin dapat juga sebagai terapi pencegahan penyakit mental health. Karena kalau merujuk pada drama tersebut, bisa jadi kita semua memiliki sedikit penyakit kejiwaan tapi tak pernah menyadarinya. Karena bahkan sindrom kecemasan pun menjadi penyakit jiwa yang dapat membahayakan si penderita.

Daily Dose Of Sunshine (Sumber: mydramalist)

Kita kembali pada terapi menulis hal baik. Kadang-kadang kita sangat tidak menghargai diri sendiri, merasa kecil, dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Kita merasa nggak ngapa-ngapain dan merasa bodoh sepanjang hari. Yuk, kita ubah mindset kita itu. Mulailah menulis hal baik sekecil apapun itu dan bersyukur karenanya.

Saya yakin secara nurani kita semua sebenarnya ingin menjadi orang baik, dan terapi ini akan sangat membantu mencapai itu. Akhirilah hari dengan membaca semua list hal baik hari ini, dan bersyukurlah karenanya.

Esok, kita pasti tergerak untuk membuat list yang lebih panjang. Bukan untuk berkompetisi dengan orang lain, namun untuk berkompetisi dengan diri sendiri. Untuk mewujudkan jargon hari esok harus lebih baik dari hari ini.

List Anda adalah harta Anda, dan jika Anda keberatan tentu itu menjadi privasi Anda sendiri. Cukup Anda yang tahu.

Agar artikel ini lebih praktikal, saya akan membagikan hal baik yang saya lakukan hari ini, sebagai contoh.

1. Bangun sebelum subuh, dan melaksanakan salat tahajud

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline