Lihat ke Halaman Asli

Indah Novita Dewi

TERVERIFIKASI

Hobi menulis dan membaca.

Program Mudik Gratis dan Manfaatnya untuk Orang yang Membutuhkan

Diperbarui: 15 April 2023   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mudik jangan naik motor, ikuti program mudik gratis (Sumber: Pexels/Lina Kivaka)

Mudik gratis!

Hmm, saya mau juga kalau mudik dibayarin tapi dengan moda transportasi yang biasa saya pakai untuk mudik. Hahaha, mau gratis kok banyak permintaan. Kalau gratis, biasanya ya harus terima apa adanya sesuai persyaratan. Sudah gratis, minta macam-macam. Sono bayar sendiri saja.

Program mudik gratis sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir. Pihak penyelenggaranya pun macam-macam, mulai dari instansi pemerintah, BUMN, hingga swasta. Untuk memberi gambaran terkait mudik gratis dan pemrakarsanya, berikut hasil bacaan saya tentang mudik gratis.

1. Mudik gratis dengan kapal laut Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis dengan kapal laut. Peserta mudik gratis dengan kapal laut ini adalah pengendara sepeda motor. Tujuan penyelenggaraan mudik gratis ini adalah untuk mengurangi tingginya tingkat kecelakaan sepeda motor saat arus mudik.

Lalu apa hubungannya? Tentu berhubungan, karena peserta mudik gratis alias pengendara sepeda motor tadi, harus memenuhi beberapa kualifikasi agar dapat mendaftar menjadi peserta program mudik gratis. Kualifikasi yang dimaksud antara lain: memiliki STNK dan SIM, kondisi motor layak jalan, tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada kendaraan, harus ada penyangga atau standar tengah atau standar dua, harus dilengkapi pegangan belakang, ukuran roda dan ban sesuai standar, tidak boleh ditambah box di kiri, kanan, maupun belakang, jumlah helm sesuai jumlah penumpang, bensin terisi maksimal 1 liter per motor, kunci motor dititipkan pada pengelola. 

Selain memenuhi kualifikasi yang erat hubungannya dengan safety ini, pengendara motor juga harus membawa dokumen kelengkapan yaitu kartu identitas, STNK asli, dan SIM asli. Rute untuk arus pemudik gratis ini adalah dari pelabuhan Tanjung Priok-Tanjung Emas dan dilaksanakan 2 kali yaitu pada tanggal 15 dan 17 April 2023 sedangkan untuk arus balik juga sebanyak 2 kali dengan rute Tanjung Emas-Tanjung Priok pada tanggal 25 dan 28 April 2023.

2. Mudik gratis bus dan truk Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan menyediakan 686 bus dan 64 truk untuk program mudik gratis dengan tujuan: Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sejumlah 20.580 orang.

3. Mudik gratis bus dan truk Kementerian BUMN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline