Penggerak dan penopang perekonomian Indonesia terdiri dari banyak jenis. Mulai dari usaha makro hingga usaha mikro, kecil, dan menengah atau yang biasanya disebut UMKM. Yang paling dekat dengan masyarakat sekitar di keseharian adalah UMKM, mulai dari pelaku hingga konsumen.
Dari masa ke masa UMKM ini selalu memiliki tantangannya tersendiri. Pada saat krisis moneter tahun 1997-1998 bisa dibilang UMKM menjadi penopang perekonomian Nasional karena tidak terdampak.
Sedangkan pada masa pandemi covid-19, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut terpuruk bersama usaha golongan makro. Hal ini dikarenakan pada masa pandemi covid-19 terjadi pembatasan sosial, sehingga untuk menjalankan usaha jadi terhambat. Di tahun mendatang tantangan UMKM datang dari kabar resesi yang diprediksi akan terjadi krisis lagi.
Tantangan di masa mendatang ini membuat para pelaku UMKM harus menyusun strategi agar tidak ikut terpuruk dan bisa menjadi penggerak serta penopang perekonomian Nasional. Dalam memperkuat roda perekonomian Nasional, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) TBK atau BRI dalam usia 127 tahun juga turut memberikan dukungan kepada UMKM.
Berikut 3 cara BRI dalam memperkuat dan membawa UMKM naik kelas dalam HUT127BRI:
1.Transformasi Digital BRI
Transformasi digital merupakan perubahan strategi dan proses bisnis menjadi digital dengan menggunakan teknologi. Dalam penerpannya dapat meningkatkan efisiensi waktu, sumber daya hingga memunculkan ide dan inovasi untuk pengembangan perusahaan.
Dikutip dari situs BRI, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha menyatakan bahwa sejak BRI melakukan transformasi digital, sebanyak 96,7% nasabah juga turut menggunakan digital channel. Sedangkan sebanyak 3,3% lainnya masih datang ke unit kerja.
Transformasi Digital yang dilakukan oleh BRI berhasil mendapatkan penghargaan digital banking terbaik untuk dimensi data di acara Digital Banking Award 2022. BRI juga bank digital terbaik pada Kategori Bank Berdasar Modal Inti (KBMI) 4 atau bank dengan modal Inti di atas Rp.70 triliun.
Penghargaan ini dinilai oleh tim juri yang berkompeten di bidangnya dengan kriteria penilaian dari “Cetak Biru Tranformasi Digital Perbankan” dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta pengolahan data sekunder yang dilakukan oleh Tim Riset Berita Satu Media Holdings.
Adapun kriteria penilaiannya adalah nasabah, data, teknologi, manajemen risiko, tatanan institusi, dan kolaborasi. Hal ini menjadikan transformasi digital yang dilakukan oleh BRI turut menjamin perlindungan data konsumen.
Sebanyak Rp 12,22 triliun laba bersih atau tumbuh 78,3% year on year (yoy) pada kuartal I-2022 telah dicatat sebagai hasil positif BRI sejak melakukan transformasi digital. Pertumbuhan asset BRI per akhir Maret 2022 mencapai 8,99% yoy menjadi Rp1.650,28 triliun.
Transformasi digital BRI melalui layanan Super Apps Digital Banking BRImo, aplikasi pengajuan fasilitas dan layanan kredit BRISPOT, laku pandai Agen BRILink, dan aplikasi BRIAPI yang berfungsi untuk melakukan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga.
Komitmen BRI untuk mendampingi UMKM agar terus berkembang juga bisa dilihat dari proporsi kredit yang naik menjadi 83,95% pada kuartal I-2022. Transformasi digital BRI menjadikan layanan-layanan yang dimiliki menjadi jauh lebih cepat dan mudah. BRIPahlawanFinansial juga dirasakan UMKM ketika proses pengajuan kredit bisa menjadi lebih cepat, dari dua minggu menjadi 1 hari saja.
2. Memberikan Literasi Keuangan Digital Kepada UMKM dan Masyarakat
Keberhasilan BRI dalam melakukan transformasi digital tidak lepas dari upaya BRI untuk mengedukasi para pelaku UMKM dan masyarakat luas agar mendapatkan literasi keuangan.
Literasi keuangan digital yang dilakukan BRI bertujuan agar pelaku UMKM dan masyarakat luas mendapat akses informasi transformasi digital BRI dan agar dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk transaksi keuangan sehari-hari. Oleh karena itu BRI melakukan beberapa kegiatan untuk memberikan literasi keuangan digital.
Beberapa hal yang dilakukan BRI adalah dengan memanfaatkan para penyuluh digital yang dilakukan oleh para pekerja BRI. Adapun tugas penyuluh digital BRI adalah untuk mengedukasi masyarakat terhadap layanan digital savvy, yang memungkinkan untuk membuka rekening secara digital.
Selanjutnya adalah mengajari masyarakat bagaimana melakukan transaksi keuangan secara digital. Tugas terakhir dan tidak kalah penting adalah mengedukasi masyarakat dan pelaku UMKM untuk melindungi data pribadi dan data perbankan, sehingga keamanan selalu terjaga.
Selain itu pada bulan Juni hingga Desember 2022, BRI menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di 12 kota di seluruh Indonesia. PRS 2022 ini menghadirkan sebanyak 1.236 UMKM binaan BRI di masing-masing kota. Gelaran ini tidak hanyak bermanfaat bagi UMKM untuk mengenalkan produk mereka secara luas, tapi juga sebagai wadah BRI untuk memberikan literasi digital secara langsung kepada pelaku UMKM dan masyarakat yang menghadiri PRS.
3. UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur untuk UMKM Mendunia
Sebagai komitmennya dalam membawa UMKM naik kelas menuju pasar dunia, BRI menggelar kembali UMKM EXPO(RT) BRILIANpreneur 2022. Gelaran ini sudah dihelat sejak tahun 2019 dengan tujuan agar para BRILianpreneur bisa naik kelas menuju pasar global. Gelaran ini merupakan pameran industri kreatif yang menampilkan usaha-usaha dari pelaku UMKM binaan BRI melalui berbagai instalasi seni yang mempesona.
UMKM EXPO(RT) BRILIANpreneur 2022 diselenggarakan secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 14-18 Desember 2022 lalu dan merupakan bagian dari perayaan HUT127BRI.
Sebanyak 1.189 UMKM binaan BRI dan 128 UMKM dari komunitas yang yang mendaftar dalam gelaran ini. Kemudian terpilih sebanyak 500 UMKM untuk mengikuti Bazaar online dan 250 UMKM showcase pilihan yang bisa mengikuti acara tersebut UMKM Ekspo(RT) BRILianpreneur 2022.
Produk UMKM yang ditampilkan dalam ajang ini ada beberapa kategori, yaitu Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion & Wastra, Healthcare/Wellness, and Digital Technology (Startup).
Selain pameran ada serangkaian acara menarik bagi para pengunjung, yakni business matching, talk show, penampilan artis, dan UMKM Awards. Produk-produk yang beragam dan berkualitas ini dipamerkan dipamerakan kepada audience nasional hingga 40 buyers internasional dari 20 negara.
Selain itu juga diselenggarakan secara online pada tanggal 1-31 Desember 2022 agar masyarakat secara luas bisa turut menikmati produk-produk berkualitas UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022.
Masyarakat bisa juga melihat pameran secara virtual di brilianpreneur.com. Sedangkan untuk membeli produknya bisa melalui e-commerce PADI UMKM, Blibli, Tokopedia, dan Shopee. Ada pula diskon dan cashback sebesar 57% jika melakukan transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit BRI.
Upaya BRIPahlawanFinansial dengan dukungan-dukungannya kepada UMKM hingga bisa bersaing di pasar global, diharapkan mampu memperkuat UMKM. Dengan demikian apapun tantangan perekonomian di tahun-tahun yang akan datang akan mampu dilewati dengan baik oleh para pelaku UMKM dan masyarakat Indonesia.
Referensi: