Lihat ke Halaman Asli

Keberhasilan Program Pemerintah Berdasarkan Social Development dan Institusional

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Salah satu program pemerintah yang dilaksanakan komunitas lokal secara swadaya yaitu Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat atau yang biasa kita kenal PNPM Mandiri.

PNPM Mandiri merupakan satu program pemerintah yang mulai digulirkan sejak tahun 1998 yaitu semasa Pemerintahan SBY periode pertama hingga sekarang, PNPM Mandiri itu bertujuan untuk menciptakan kemandirian masyarakat miskin agar dapat mensejahterakan diri dan komunitasnya. Sasaran dari program ini adalah masyarakat miskin/prasejahtera di perdesaan maupun perkotaan.

Konsep dari program ini yaitu dengan melakukan pendampingan kelompok masyarakat miskin/prasejahtera dalam mengidentifikasi permasalahan kemiskinan diwilayahnya, merencanakan program (baik fisik maupun nonfisik), melaksanakan program, mengawasi pelaksanaan program serta menjalankan perawatan/pemeliharaan terhadap hasil dari program yang telah dilaksanakan.Sebagai tahapan pelaksanaan program, terlebih dahulu dilakukan penetapan desa sasaran yang akan diberikan dana bantuan PNPM Mandiri ini. Sedangkan untuk menjalankan program ini, masyarakat sepenuhnya dilibatkan mulai dari indentifikasi masalah kemiskinan, perencanaan, pelaksanaan pembangunan, hingga pemeliharaan.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri merupakan satu upaya program pengentasan kemiskinan demi terwujudnya pembangunan sosial dimana masyarakat sepenuhnya terlibat dalam pembangunan sebagai subyek maupun obyek dari pembangunan tersebut. Dalam program ini terdapat upaya pelembagaan masyarakat melalui pembentukan struktur masyarakat yang terjalin dengan baik. Dengan berjalannya fungsi-fungsi sosial dalam masyarakat tersebut, maka potensi yang ada dalam masyarakat dapat diberdayakan secara maksimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial.

Peran pemerintah dalam hal ini juga sangat besar. Pembangunan sosial dengan berbasis pemberdayaan masyarakat seperti PNPM Mandiri ini dapat terwujud dengan baik ketika pemerintah dalam hal ini tidak hanya memposisikan masyarakat sebagai objek pembangunan, namun juga sebagai subjek pembangunan. Masyarakat dalam hal ini sebagai satu institusi yang mempunyai peran penting dalam mensukseskan keberhasilan program. Program pembangunan yang melibatkan dua institusi yakni pemerintah dan masyarakat lokal dalam merancang sebuah program pembangunan tidak hanya dapat menghasilkan output pertumbuhan ekonomi yang baik, tetapi juga dapat mengurangi masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran, kesehatan, pendidikan dan masalah sosial lainnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline