Lihat ke Halaman Asli

Petani Millenial

Public Relations

4 Model Bisnis yang Cocok untuk "Startup" Baru

Diperbarui: 20 Januari 2018   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Model Bisnis (Freepik.com)

Model bisnis adalah suatu cara yang paling mudah dan sederhana untuk mengggambarkan bisinis yang Anda pikirkan. Biasanya model bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah perusahaan menciptakan nilai-nilai sosial, ekonomi atau bentuk nilai lainnya.

Model bisnis juga merupakan salah satu inti utama dari perusahaan karena sebuah perusahaan harus memiliki cara untuk mendapatkan profit yang digunakan untuk bertahan hidup dan juga dapat digunakan untuk investasi jangka panjang.

Selain itu, Anda juga harus paham betul apa masalah yang dihadapi konsumen  sehingga model yang akan dipersiapkan lebih sesuai dengan konsumen serta berjalan lebih baik disbanding pesaing bisnis Anda.

Kesalahan fatal yang biasa dilakukan oleh CEO atau owner adalah membuat model bisnis jenis baru sedangkan model bisnis yang dipakai untuk mendapatkan uang tersebut belum pernah diterapkan sebelumnya dan belum terbukti sehingga risiko kerugian lebih besar.

Alangkah baiknya daripada Anda kembangkan model bisnis baru, pertimbangkan saja jenis-jenis model bisnis yang sudah teruji dan digunakan untuk banyak bisnis.

1.  Marketplace

Ilustrasi: Tokopedia. (Tokopedia.com)

Market place adalah model bisnis dimana website terkait membantu pelanggan tidak hanya memfasilitasi transaksi keuangan saja namun juga membantu pedagang untuk mempromosikan barang dagangannya.

Bisa dibilang bahwa model bisnis ini mempertemukan antara penjual, dan pembeli layaknya pasar tradisional biasa, bedanya disini pembeli tidak mengeluarkan biaya transportasi namun diganti dengan biaya ongkos kirim, namun pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung sehingga pembeli tidak bisa mengecek langsung kualitas barang.

Marketplace terbagi menjadi dua jenis sesuai dengan sumber dan target pasarnya yaitu B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Customer). Untuk contoh marketplace B2B adalah Indotrading.com, Indonetwork.co.id, Mbiz.co.id, Indonesia-Product.com. Sedangkan contoh marketplace B2C adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan OLX.

2.  Layanan mudah dan langsung (on-demand)

Ilustrasi: GO-JEK (Go-jek.com)

Model bisnis on-demand saat ini sudah ramai digunakan di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan Denpasar karena orang di kota besar cenderung lebih sibuk dan melekteknologi dibandingkan kota kecil. Sehingga hamper semua penduduknya memanfaatkan aplikasi ini untuk membantu aktifitas sehari-hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline