Lihat ke Halaman Asli

Indah Gayatri

Penulis Lepas

Naungan Sedekah di Padang Mahsyar

Diperbarui: 24 April 2021   19:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi padang pasir (credit: setaswall.com)

Sedekah, atau mengeluarkan harta untuk mereka yang membutuhkan, merupakan amalan yang istimewa di mata Allah SWT. Sedekah menjadi salah satu tanda iman, sekaligus mempererat kemanusiaan.

Manfaatnya pun sangat banyak. Sedekah disebut sebagai amalan utama yang bisa membukakan rezeki dan memberikan perlindungan di hari akhir kelak, termasuk naungan ketika seluruh manusia dikumpulkan di Padang Mahsyar.

Seperti apa kisahnya? Begini ceritanya.

Sebagaimana kita tahu, salah satu fase perjalanan hidup manusia adalah melalui Padang Mahsyar setelah hari kiamat kelak. Di sanalah seluruh manusia sejak Nabi Adam hingga orang terakhir dikumpulkan oleh Allah SWT.

Pada momen tersebut, semua makhluk-Nya dibangkitkan dan diadili. Alquran menggambarkan bahwa di Padang Mahsyar nanti setiap jiwa merasakan pembalasan dari apa yang telah dikerjakannya (dahulu).

Mereka juga akan dikembalikan kepada Allah, yakni Tuhan pelindung mereka yang sebenar-benarnya, dan lenyaplah dari mereka apa (pelindung palsu) yang mereka ada-adakan. Gambaran ini seperti tertuliskan di QS. Yunus ayat 30.

Berikutnya, di Padang Mahsyar itu jarak antara manusia dan matahari sangat dekat. Karena saking teriknya, keringat akan bercucuran hingga merendam sebagian atau bahkan seluruh tubuh mereka.

Ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, "Pada Hari Kiamat, matahari didekatkan kepada seluruh makhluk hingga berjarak satu mil di atas kepala mereka, lalu seluruh manusia akan tergenang dalam peluh mereka berdasarkan kadar amalan mereka di dunia." (HR Muslim).

Momentum ini akan sangat menyiksa bagi orang-orang kafir. Namun, tidak demikian bagi mereka yang dikehendaki-Nya. Salah satunya adalah orang-orang yang gemar bersedekah selama di dunia.

Sebab, mereka yang bersedekah akan mendapatkan naungan di Padang Mahsyar. Sehingga, mereka tak merasakan kepanasan seperti gambaran di atas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline