Lihat ke Halaman Asli

Pendampingan Pelatihan Modifikasi Pangan Lokal Bersama Mahasiswa Delegasi Universitas Brawijaya dan Universitas Nusa Cendana

Diperbarui: 4 Agustus 2024   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Pada hari Jumat, tanggal 20 Juli 2024, telah dilaksanakan Kegiatan Pendampingan Pangan Tradisional (Jagung Katemak, Jagung Bose, Akabilan) sebagai hasil kolaborasi antara Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Nusa Cendana (Undana). dan Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah jagung lokal dan memberdayakan masyarakat petani, serta diservikasi pangan lokal. Kegiatan pendampingan ini berfokus pada kelompok tani, anggota Unit Pengelola (Binonmeto). 

Kegiatan ini dihadiri oleh, Kelompok petani jagung Desa Oebobo, kecamatan Batu Putih,  Perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten TTS, Kec Batu Putih Desa Oebobo, Anggota UPH (Binonmeto). Dengan tujuan kegiatan adalah Transfer pengetahuan dan teknologi pengolahan jagung menjadi produk olahan yang bernilai tambah, meningkatkan kualitas produk olahan jagung, pangan lokal, membuka peluang pasar yang lebih luas bagi produk olahan jagung (jagung bose, katemak dan akabilan).

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Selama kegiatan, telah dilaksanakan beberapa rangkaian acara yaitu, 1) Presentasi mengenai diservikasi pangan lokal; 2) Demonstrasi langsung proses pembuatan katemak, bose, dan akabilan; 3) Diskusi kelompok untuk membahas kendala dan solusi dalam pengembangan produk olahan jagung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline