Lihat ke Halaman Asli

indah ashari

Mahasiswa

Peran Guru dalam Organisasi Sekolah

Diperbarui: 13 Mei 2022   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Opini
Peran guru dalam keorganisasian sekolah
Guru ialah secara bahasa  menunjukkan pendidik profesional  dengan tugas utamanya yaitu :
Mendidik
Mengajar
Membimbing
Mengarahkan
Melatih
Menilai
Membantu peserta didik
Dan mengawasi nya
Peserta didik  pada pendidikan diusia  dini harus melewati jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Guru harus memiliki perbuatan yang baik agar bisa menjadi contoh yang baik bagi peserta didiknya...Tidak hanya tingkah lakunya saja tapi guru, harus memiliki pengetahuan karena peserta didik pasti akan ingin tau banyak hal tentang ilmu yang luas ini. 

Didalam pendidikan islam sebagai mana seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luas, maka dari itu guru harus mampu memahami suatu pelajar agar jika ada anak didiknya, guru tidak kebingungan untuk menjawab persoalan peserta didiknya. Seorang guru haruslah profesional dalam hal mendidik muridnya. 

Dan untuk menjadi seorang guru yang profesional diperlukan dalam pendidikan formal dan non formal yang harus intensif dan disertai dengan praktek mengajar yang sifatnya berkepanjangan. 

Oleh karena itu, ciri guru profesional dan kompetensi perlu dipelajari dengan baik agar dapat melaksanan pembelajarannya yang sangat berkualitas untuk peserta didik nya.Guru memiliki sebuah 3 semboyan, yang kita harus ketahui nih...Tiga semboyan tersebut yang harus guru terapkan saat mengajar peserta didiknya .Agar peserta didik dapat contoh yang baik.Untuk 3 semboyan itu ialah ;

Ing ngarso sung tolodo : bahwa didepan guru harus dapat membantu atau memberikan contoh yang baik untuk muridnya atau harus menjadi diri tauladan yang baik

Ing madya mangan karso : guru ada pendidik yang berada setengah siswanya dan mampu memberikan dorongan atau semangat. Tut wuri handayani : dari belakang guru mampu mendidik dan mengarahkan muridnya dijalan yang benar

Dari 3 semboyan ini yang harus guru tuturkan kepada peserta didiknya. dimana peserta didik juga butuh contoh yang baik untuk menjadi murid yang baik, makan dari itu guru akan menjadi contoh teladan yang baik.Asal semboyan ini diberikan dari K.H Dewantara bapak pendidikan Indonesia.Semboyan ini adalah penghargaan bagi seorang guru yang menerapkan kepada peserta didiknya.

Baik, untuk selanjutnya mari kita bahas tentang apa itu organisasi?Organisasi memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Kenapa ?karena manusia hidup berorganisasi dengan bersosialisasi, karena juga manusia tidak bisa hidup dalam kesendirian.Akan tetapi kita tidak menyadari akan keorganisasian itu yang terdapat dalam keseharian kita.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Amatai Etzioni ( 1964 ): " kita dilahirkan dari organisasi, lalu diterima pendidikan diorganisasi, sebanyak -- banyak waktu bekerja yang kita gunakan diorganisasi, dan kita juga tinggal dimasyarakat yaang berorganisasi. 

Dan hampir setiap kegiatan yang kita lakukan ialah berorganisasi ".Organisasi dibentuk dengan adanya komunikasi ketika individu didalam saling interaksi satu sama lain.Untuk mencapai tujuan diri sendiri dan tujuan bersama. Proses komunikasi yang rajin dapat menghasilkan sebuah keorganisasian dan keorganisasian itu sendiri dapat menghasilkan sebuah tujuan untuk membentuk perencanaan dan pengelolaan suatu tujuan. Dan organisasi dapat diartikan bermacam -- macam tergantung dari arah mana kita memandangnya.didalam penglihatan teori klasik memandang organisasi sebagai wujud. 

Sedangkan didalam penglihatan teori sista memandang teori dari wujud mereka berorganisasi adalah kerjasama orang -- orang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Didalam organisasi pula dapat membentuk :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline