Lihat ke Halaman Asli

5 Alasan Perusahaan Memerlukan Backup as a Service di Masa Pandemi

Diperbarui: 25 Agustus 2021   16:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering


Saat ini, berbagai organisasi dan perusahaan tengah berlomba menciptakan inovasi teknologi. Hal ini dilakukan agar bisnis mereka dapat terus bertahan di tengah terjangan pandemi Covid-19. 

Selain menciptakan inovasi, cara lain yang bisa dilakukan perusahaan untuk tetap eksis adalah dengan memanfaatkan solusi teknologi. Sayangnya, banyak solusi teknologi yang memerlukan anggaran tidak sedikit. Padahal, di situasi dan kondisi seperti sekarang perusahaan perlu mengelola anggaran dengan baik. Jangan sampai cost yang dikeluarkan perusahaan tidak setara dengan hasil yang diperoleh. 

Guna menyiasati permasalahan anggaran ini, banyak perusahaan utamanya SMB memilih untuk beralih dari model budgeting CAPEX ke OPEX. Fyi, OPEX atau Operating Expenditure adalah pengeluaran reguler (biasanya bulanan atau tahunan) yang direncanakan untuk menjaga kelangsungan bisnis. Penggunaan model OPEX sendiri dianggap lebih efisien dan sesuai dengan kondisi pandemi saat ini sebab dapat meniadakan pengeluaran besar di awal karena pembayaran bisa dilakukan per bulan atau tahun. 

Di sisi lain, di masa pandemi seperti sekarang semakin banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja Work From Home (WFH). Sayangnya, pemberlakuan WFH ini justru menciptakan celah bagi pelaku serangan siber untuk melancarkan serangan. Celakanya, berbeda dengan jaringan kantor, jaringan internet rumah tidak dilengkapi sistem network security yang memadai. Hal inilah yang membuat jaringan internet rumah rentan diserang ransomware dan kerap dihantui risiko data loss.

Keuntungan Backup as a Service bagi bisnis

Setelah memahami penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini banyak perusahaan memerlukan solusi IT yang mampu meminimalisir risiko data loss tanpa membebankan pengeluaran. Kabar baiknya, kini telah hadir Backup as a Service sebagai solusi ideal untuk membantu melindungi dan menjamin data perusahaan.

Berikut akan dibahas keuntungan menggunakan backup as a service bagi bisnis selengkapnya:

1. Focusing IT on strategic business priority

Keuntungan menggunakan backup as a service bagi bisnis yang pertama adalah perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan data loss atau pencurian data di tengah tingginya tren WFH. Dilengkapi teknologi yang diotomatisasi, dengan menggunakan backup as a service pelaku usaha bisa menggunakan waktunya untuk fokus pada inovasi dan pengembangan bisnis yang mampu mendatangkan profit. 

2. Maximizing efficiency and reducing cost

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline