Lihat ke Halaman Asli

Indah Dwi Rahayu

Semesta Membaca Tinta yang Tertoreh

Melihat Groundbreaking IMIP Training Ground oleh Menaker Ida Fauziyah

Diperbarui: 26 November 2021   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peletakkan batu pertama IMIP Training Ground oleh Menaker RI Ida Fauziyah. Sumber foto: kumpara/Palu Poso

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah dalam kunjungan kerjanya ke Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis (25/11) meletakkan batu pertama pembangunan training center IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) Training Ground.

Pembangunan IMIP Training Ground ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk turut menunjang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Morowali. 

Aksi ini tentunya disambut baik oleh pemerintah. Menaker Ida Fauziyah mengharapkan dengan adanya training center seperti ini bisa menjawab kebutuhan industri di Morowali secara umum termasuk soal penyerapan tenaga kerja yang lebih luas, tidak hanya di Morowali namun juga Sulawesi Tengah atau Indonesia pada umumnya.

Di tempat yang sama, CEO PT IMIP Alexander Barus mengatakan sejak berdirinya IMIP, upaya berbagi pengetahuan hingga teknologi adalah program prioritas perusahaan. Langkah-langkah tersebut dilakukan demi menyediakan tenaga kerja lokal supaya dapat sepenuhnya menggantikan TKA di perusahaan yang sedang transfer knowledge, skill, dan technology.

Diketahui hingga kini di IMIP tenaga kerjanya sudah mencapai di angka 50 ribuan dan akan terus bertambah seiring perkembangan industri. CEO PT IMIP itu mengharapkan akan ada tenaga kerja lokal yang muda dan kompeten.

Bupati Morowali Taslim kembali mengapresiasi aksi PT IMIP dan mengatakan bahwa ini merupakan pembuktian komitmen PT IMIP dalam kontribusinya membangun ekosistem industri di Morowali.

Karena sejatinya pembangunan SDM dalam negeri yang mumpuni tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah namun para pelaku industri juga dapat mengambil peran di dalamnya. 

Selain training center yang ada di IMIP, Kabupaten Morowali memang diketahui sedang membangun Balai Latihan Kerja (BLK) UPTP di lahan seluas 15 ribu hektar untuk memenuhi kebutuhan industri yang ada di Morowali.

Kontribusi IMIP ke Politeknik Industri Logam Morowali

Upaya PT IMIP  lainnya untuk pengembangan SDM lokal juga terlihat dengan adanya Politeknik Industri Logam Morowali (PILM) yang juga sempat disambangi Menaker Ida dalam kunkernya ke Morowali kemarin. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline