Lihat ke Halaman Asli

Indah Usiana

SDN 002 bukit bestari

Kegiatan Workshop Pembuatan Video Pembelajaran

Diperbarui: 17 Maret 2021   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dalam menunjang pembelajaran selama covid-19, kami selaku guru harus tetap memberikan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran yang bisa kami berikan kepada peserta didik salah satunya adalah dalam bentuk video pembelajaran yang menarik. 

Sebagai penunjang pembelajaran, maka diadakanlah kegiatan work shop ini yang diselenggarakan selama 3 hari mulai 15 Maret 2021 - 17 Maret 2021 oleh team MEGAT (Majelis Edukasi Gerakan Alumni TEQIP) dengan tema "Teknik Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif" di SDN 004 Tanjungpinang Barat yang diikuti oleh para guru dari seluruh sekolah di Tanjungpinang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa gelombang, yaitu dari gelombang 1 sampai 4.

Di hari pertama work shop, kami diberikan bekal penyusunan RPP dan modul pembelajaran. Dari pagi hingga siang kami diarahkan untuk membuat RPP dan modul pembelajaran sesuai kelas masing-masing. Dari siang hingga sore dilanjutkan dengan merekam diri dalam bentuk video sebagai bahan untuk pembuatan video keesokan harinya. Saat merekam, panitia menyiapkan green screen sebagai background pembuatan video. Ini adalah pengalaman pertama saya membuat video menggunakan green screen. Kemudian, kami juga diberikan aplikasi yang bisa diinstal di laptop yang dapat digunakan dalam pembuatan video. Ini juga sebagai tambahan ilmu bagi saya, karena biasanya saya menggunakan HP untuk mengedit video.

Di hari kedua work shop,  kami mengolah video-video yang sudah direkam menjadi video pembelajaran. Dari pagi hingga sore kegiatan kami hanya mengedit video dimana sebelumnya pihak panitia sudah menjelaskan langkah-langkah penggunaan aplikasi Movavi. Aplikasi ini cukup lengkap dan mudah digunakan bagi pemula.

Di hari terakhir work shop, kegiatan kami adalah mempresentasikan hasil video yang telah kami buat. Kami menjabarkan tiap-tiap langkah yang kami gunakan dalam pembuatan video. Dari sini kami bisa mendapatkan banyak sekali ilmu yang nantinya bisa dibagikan kepada rekan-rekan di sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline