Lihat ke Halaman Asli

Program CSR PT Pertamina sebagai Bentuk Dukungan Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah

Diperbarui: 22 Desember 2021   14:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Latar Belakang Masalah 

            Indonesia merupakan negara yang memiliki luas wilayah yang luas dan memiliki potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia yang melimpah. Hal ini dikarenakan jumlah masyarakat Indonesia yang begitu banyak. Namun sayangnya, potensi sumber daya yang melimpah ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh negara. Hal ini dikarenakan, masih ada masyarakat yang tidak mampu untuk mengelola potensi alam dan wilayahnya. Belum lagi kualitas pendidikan yang tergolong rendah menjadikan sumber daya manusia kurang dapat bersaing dengan negara-negara lainnya. Dikutip dari Tribun News.com, menteri pendidikan Nadiem Makarim mengungkapkan dalam kategori kemampuan membaca,sains dan matematika skor Indonesia tergolong rendah karena berada di urutan ke 74 dari 79 negara. Tentunya peringkat Indonesia ini cukup tertinggal jauh dari negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

            Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia,diperlukan kerjasama antara pemerintah dan lembaga swasta. Tentunya cukup sulit jika hanya pemerintah yang berusaha untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dan melakukan program pembangunan berkelanjutan. Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan, masyarakat dan pihak swasta memiliki peran andil yang cukup besar untuk bersama-sama dengan pemerintah melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengelola sumber daya alam yang melimpah.

            PT Pertamina ( Persero ) misalnya,sebagai perusahaan BUMN ( Badan Usaha Milik Negara) tentunya PT Pertamina ikut andil dalam mendukung pemerintah untuk melakukan pembangunan berkelanjutan. Sebagai bentuk dukungan pembangunan berkelanjutan dan sesuai dengan peraturan pemerintah, PT Pertamina menerapkan CSR ( Corporate Social Responsibility ) atau program tanggung jawab sosial perusahaan. Sebagai perusahaan yang menerapkan CSR, PT Pertamina melakukan berbagai program untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah, mulai dari bidang  pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, manajemen bencana, maupun bantuan khusus. Dikutip dari Pertamina.com tujuan dari program-program yang dilakukan oleh PT Pertamina yaitu berfokus agar produk-produk yang dikembangkan dan jasa yang diberikan  oleh perusahaan, peduli terhadap kelestarian lingkungan khususnya bumi untuk kepentingan dan masa depan generasi yang akan datang.

Bentuk Dukungan (Program CSR) PT Pertamina dalam Pembangunan Berkelanjutan 

            Dikutip dari Pertamina.com program-program CSR yang dilakukan oleh PT Pertamina berfokus pada empat isu yang menjadi pilar yaitu ;

  1. Pertamina Cerdas ; Program Pertamina Cerdas yang dilakukan oleh PT Pertamina  terwujud dalam penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina) yang bertujuan untuk mencetak generasi muda berprestasi agar dapat berberkarya membangun negeri. Selain itu pula terdapat Olimpiade karya tulis ilmiah yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Beberapa produk alternatif hasi kompetisi juga menjadi solusi untuk berbagai permasalahan lingkungan di beberaoa daerah seperti proyek isolat bakteri pendegradasi minyak oli di perairan laut lampia, dan lainnya.
  2. Pertamina Sehati ; Program pertamina sehati yang dilakukan oleh PT Pertamina yaitu terwujud dari adanya tiga program unggulan yaitu Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu/Polindes/Pusban , Penangan Gizi Buruk dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehahat (PHBS). Untuk program Posyandu selama tahung 2018 hingga 2019 pertamina bekerjasama dengan Puskesmas telah membina 430 Posyandu. Selain itu pula dalam penanganan gizi buruk masyarakat diberikan pendidikan kesehatan,pemberdayaan kader kesehatan dan pemberian makanan tambahan guna mengurangi kasus gizi buruk,program ini telah memberikan manfaat bagi kelompok ibu dan anak di Medan, Padang, Pekanbaru, Dumai, Aceh, Batam, Jakarta, Cilegon, Bandung, Balongan, dan Maluku.
  3. Pertamina Hijau ; Program ini mendukung kegiatan konservasi ekosistem mangrove dengan memperkaya jenis bibit mangrove guna menambah keberagaman jenis mangrove di Tambakrejo. Kegiayan ini dilakukan bersama-sama dengan Universitas Negeri Semarang.
  4. Pertamina Berdikari ; Program pertamina berdikasi memayungi program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal. Tujuan program ini yaitu dapat membangun dan mengembangkan kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

Sebagai bentuk dukungan dalam pembangunan berkelanjutan, terdapat pula program-program CSR yang telah dilakukan oleh PT Pertamina selama tahun 2021, misalnya pada akhir-akhir ini ;

  • Pertamina memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir Kalses pada bulan November dengan memberikan 60 buah refill tabung bright gas 12 kg untuk dapur umum daruray bencana banjir yang didirikan oleh pemerintah setempat.
  • Untuk meningkatkan daya saing siswa SMK, Pertamina  melaksanakan program Enduro Gome Service di tiga sekolah di wilayah Malang.
  • Pertamina  memberikan santunan 600 anak yatim terdampat pandemi Covid-19 di Sulawesi.
  • PT Kilang Pertamina Indonesia mengirimkan tim relawan ke lokasi terdapak bencana erups gunung semeru.
  • Memberikan pelatihan kewirausahan sosial bagi masyarakat JABODETABEK.
  • Memberika pelatihan makanan untuk warga binaan rutan kelas II B Dumai.
  • Melakukan program enduro sahabat santri untuk meningkatkan daya saing Dantri di yayasan islam darul falakiyah.
  • Pemberian donasi untuk masjid dan pondok pesantren, dan masih banyak program lainnya.

Selain program-program yang sudah disebutkan banyak program-program CSR lainnya yang telah dilakukan oleh PT Pertamina untuk mendukung program pembangunan keberlanjutan yang dilakukan oleh Pemerintah. PT Pertamina juga peduli dengan kelestarian lingkungan untuk kepentingan masa depan dengan melakukan program pelestarian hutan Sarongger dan Pemberdayaan Petani di Rindu Alam Desa Pakuan dan program lainnya. Hal ini dilakukan oleh PT Pertamina sebagai bentik pengimplementasian Program CSR untuk tujuan People, Planet dan Profit (3P).

Analisis Penulis 

            Pada PT Pertamina tentunya dari program-program yang dilakukan sebagi bentuk dukungan dalam pembangunan berkelanjutan , terlihat bahwa PT Pertamina sudah menerapkan CSR secara konsisten dan baik. CSR sendiri merupakan suatu tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar dan berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan. Di Indonesia sendiri penerapan CSR sudah di atur oleh undang-undang perseroan yang mewajibkan perusahaan untuk menyisihkan sebagian dana untuk kemaslahatan masyarakat dan lingkungan.

            PT Pertamina secara konsisten melakukan program-program CSR  sebagai bentuk dukungan akan pembangunan berkelanjutan. Program yang dilakukan mulai dari pemberian bantuan dana kepada masyarat yang membutuhkan, memberikan pelatihan, melakukan kegiatan olimpiade, memberikan penyuluhan mengenai hidup sehat, memberikan bantuan untuk posyandu, hingga melakukan pelestarian lingkungan. Program-program tersebut tidak hanya berbentuk Charity, namun merupakan bagian CSR karena program yang dilakukan selalu berkaitan dan berkesinambungan serta selalu di evaluasi dari tahun ketahunya. Pelaksanaan program tersebut,merupakan bentuk dari keseriusan PT Pertamina terhadap dukungan pembangunan berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline