Lihat ke Halaman Asli

indah febrianti

mahasiswa universitas Riau

Tingkatkan Kesadaran Generasi Z dalam Pemilu 2024

Diperbarui: 18 Maret 2024   16:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendahuluan

Generasi Z merupakan generasi  paling aktif dan memiliki jumlah pemilih terbanyak, sehingga ketidakikutsertaan mereka pada pemilu 2024 bisa berdampak buruk bagi Indonesia. Selain itu, Generasi Z memiliki karakteristik dan keterampilan unik yang dapat memberikan dampak signifikan terhadap proses politik dan masyarakat. Generasi Z berpotensi mempengaruhi hasil pemilu dan arah politik nasional. Namun jika Generasi Z tidak berpartisipasi dalam pemilu 2024,  arah politik negaranya tidak lagi mencerminkan kebutuhan dan aspirasi mereka.

Pembahasan

Berikut konsekuensi jika Generasi Z tidak ikut pemilu 2024 : Kesejahteraan Ekonomi, Generasi Z lebih rentan mengalami masalah kesehatan mental dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga dapat mempengaruhi keputusan politik mereka. Hal ini harus menjadi perhatian bagi para pemilih berpengaruh untuk memahami aspirasi dan preferensi Gen Z serta memastikan  suara mereka didengar dan terwakili dengan baik. Kesejahteraan Politik Keterlibatan aktif dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap proses politik dan masyarakat. Namun jika Gen Z tidak ikut pemilu 2024,  dampak positif yang  diharapkan bagi Gen Z tidak akan terjadi

Kesadaran pemilu Generasi Z  dapat ditingkatkan melalui cara-cara berikut:

1. Politik

Generasi Z harus mendapat pendidikan dan kesadaran politik yang baik Pendidikan ini harus dilaksanakan dengan baik dan harus mencakup berbagai aspek politik, seperti kesadaran politik, minat terhadap isu-isu politik, dan respon  terhadap isu-isu sosial.

2. Komunikasi  Transparan

Komunikasi yang transparan dan relevan  membantu Gen Z  memahami isu-isu terkini dalam demokrasi. Komunikasi tersebut sebaiknya dilakukan melalui berbagai media, antara lain media sosial dan platform digital yang biasa digunakan oleh Gen Z

3. Strategi Politik

Partai politik perlu memahami kebutuhan Gen Z sebelum mengembangkan program. Strategi politik perlu beradaptasi dengan pola pikir pemilih muda secara keseluruhan, tidak hanya untuk memenangkan suara tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran politik Gen Z .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline